Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hari Pahlawan 2021, Profil Bung Tomo yang Menekuni Profesi Wartawan

Bung Tomo juga memiliki minat pada dunia jurnalisme. Hal ini dibuktikan dirinya bekerja sebagai wartawan lepas pada Harian Soeara Oemoem di Surabaya.
Logo Hari Pahlawan 2021./kemensos.go.id
Logo Hari Pahlawan 2021./kemensos.go.id

Dunia Wartawan

Memasuki usia 17 tahun, dirinya makin terkenal ketika berhasil menjadi orang kedua di Hindia Belanda yang mencapai peringkat Pandu Garuda.

Sosok Bung Tomo juga memiliki minat pada dunia jurnalisme. Hal ini dibuktikan bahwa pada 1937, dirinya bekerja sebagai wartawan lepas pada Harian Soeara Oemoem di Surabaya.

Selanjutnya, pada 1939, dia menjadi Redaktur Mingguan Pembela Rakyat serta menjadi wartawan dan penulis pojok harian berbahasa Jawa, Ekspres, di Surabaya.

Tahun 1942—1945, pada masa pendudukan Jepang, Bung Tomo bekerja di kantor berita tentara pendudukan Jepang, Domei, bagian Bahasa Indonesia untuk seluruh Jawa Timur di Surabaya.

Kemudian, saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 dikumandangkan, Bung Tomo memberitakannya dalam bahasa Jawa bersama wartawan senior, Romo Bintarti. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari sensor Jepang.

Bahkan, dia menjadi pemimpin redaksi Kantor Berita ANTARA di Surabaya. Dirinya juga menjadi kepala bagian penerangan Pemuda Republik Indonesia (PRI).

Pada saat itu, organisasi PRI adalah organisasi terpenting dan terbesar di Surabaya. Di Jakarta, Bung Karno meminta para pemuda untuk menahan diri dengan tidak memulai konfrontasi bersenjata.

Selanjutnya, pada Oktober dan November 1945, dirinya menjadi salah satu pemimpin yang sangat penting. Hal ini dikarenakan karena berhasil menggerakkan dan membangkitkan semangat rakyat Surabaya.

Penyebabnya, pada waktu itu Surabaya diserang habis-habisan oleh pasukan Inggris yang mendarat untuk melucutkan senjata tentara pendudukan Jepang dan membebaskan tawanan Eropa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Akbar Evandio
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper