Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bhayangkara Mural Festival 2021, Kapolri: Gambar yang Paling Pedas Jadi Sahabat Saya

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan pemenang lomba Bhayangkara Mural Festival 2021.
Setyo Puji Santoso
Setyo Puji Santoso - Bisnis.com 31 Oktober 2021  |  16:22 WIB
Publik dibuat heboh dengan adanya mural mirip wajah Jokowi di kawasan Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Tidak lama setelah itu, aparat menghapus mural tersebut. - Istimewa
Publik dibuat heboh dengan adanya mural mirip wajah Jokowi di kawasan Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Tidak lama setelah itu, aparat menghapus mural tersebut. - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Puncak acara Bhayangkara Mural Festival 2021 digelar di lapangan Bhayangkara, Jakarta pada Sabtu (30/10/2021).

Dalam lomba tersebut diikuti sekitar 80 peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Mereka yang mengikuti puncak acara tersebut merupakan peserta yang lolos dalam seleksi berjenjang yang dilakukan Polri dari tingkat Polda.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, lomba mural tersebut digelar sebagai wujud kepedulian dan bukti bahwa Polri tidak antikritik serta menghormati kebebasan berekspresi.

“Kami sebagai institusi Polri memegang teguh aturan-aturan yang ada, arahan dari Bapak Presiden, terkait dengan kebebasan berekspresi sehingga tentunya hari ini adalah bukti kami menghormati kebebasan berekspresi,” ujar Kapolri dikutip dari lama Humas.polri.

Kapolri juga menambahkan hak kebebasan berekspresi masyarakat telah dijamin oleh Undang-Undang Dasar 1945 serta Undang-Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyampaikan Pendapat di Muka Umum.

“Tentunya ini berbeda dibandingkan di era Orde sebelumnya di mana pada saat Reformasi maka kebebasan itu kemudian dibuka, masyarakat bebas untuk menyampaikan aspirasinya, ekspresinya, dalam segala bentuk dan itu tentunya kita hormati,” tambah Kapolri.

Menurutmya karya yang memberi persepsi positif akan menjadi motivasi bagi Polri, sedangkan karya yang memberi persepsi negatif akan menjadi alat Polri untuk berintrospeksi agar menjadi lebih baik.

“Nanti yang gambarnya bagus, khususnya yang tentang Polri, kalau itu gambarnya paling pedas itu juga akan kami terima, dan saya jamin yang berani gambar seperti itu akan jadi sahabatnya Kapolri, jadi temannya Kapolri,” terangnya.

Daftar pemenang

Setelah melalui proses seleksi berjenjang, Polri akhirnya mengumumkan daftar pemenang lomba mural.

Informasi tersebut disampaikan Sigit dalam unggahannya di akun resmi Twitternya pada Minggu (31/10/2021).

"Saya juga menghaturkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh masyarakat yang telah berpartisipasi dan berkontribusi dalam acara Bhayangkara Festival Mural 2021," tulis Sigit.

Adapun daftar pemenang lomba Bhayangkara Mural Festival sebagai berikut:

1. Ode La Umar dari Jabodetabek
2. Fauzan Musa'ad dari Papua
3. Tofazani Arifin dari Jawa Tengah.

Para pemenang akan mendapatkan hadiah uang tunai dan piala Kapolri, yaitu juara 1 sebesar Rp 50 juta, juara 2 sebesar Rp 40 juta dan juara 3 sebesar Rp 30 juta.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

polisi
Editor : Setyo Puji Santoso

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top