Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pindah ke Agama Hindu, Sukmawati Izin ke Megawati Lewat Surat

Sukmawati Soekarnoputri telah meminta izin kepada saudara-saudaranya termasuk Megawati untuk pindah agama dari Islam ke Hindu.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 27 Oktober 2021  |  08:43 WIB
Putri Presiden Soekarno Sukmawati Soekarnoputri menuntaskan ritual Sudi Wadani di Buleleng, Bali, Selasa (26/10 - 2021).
Putri Presiden Soekarno Sukmawati Soekarnoputri menuntaskan ritual Sudi Wadani di Buleleng, Bali, Selasa (26/10 - 2021).

Bisnis.com, JAKARTA - Sukmawati Soekarnoputri telah sah pindah ke agama Hindu setelah menjalani upacara Sudhi Wadani di Bale Agung Singaraja, Buleleng, Bali pada Selasa (26/10).

Sudhi Wadani merupakan upacara penyucian diri seseorang melalui janji suci untuk menganut Agama Hindu.

Sukmawati mengatakan sebelum memutuskan pindah ke agama Hindu, dirinya telah meminta izin dan restu kepada seluruh keluarga Sukarno, termasuk saudara-saudaranya, Megawati Soekarnoputri, Guntur Soekarnoputra dan Guruh Soekarnoputra. Tiga anak Sukmawati juga telah memberi restu.

Dia menceritakan awalnya memberitahu Guntur dan Guruh terkait keinginannya pindah ke agama Hindu.

"Saya bilang sama Mas Guntur, abang saya, kalau saya mau pindah agama jadi Hindu. Kemudian kepada Guruh saya juga bilang. Semuanya bilang, silakan saja. Itu kan pilihan pribadi masing-masing," kata Sukmawati dalam konferensi pers, Selasa (26/10/2021).

Setelah mendapat restu dari kedua saudara laki-lakinya, Sukmawati kemudian meminta izin kepada anak-anaknya. "Anak-anak bertiga bilang, ya silakan saja kalau Ibu mau pindah agama Hindu, kita dukung maunya Ibu. Jadi enggak ada masalah, penolakan enggak ada," ujar Sukmawati.

Terakhir, barulah Sukmawati memberitahu Megawati. "Terakhir Ibu Mega, karena beliau agak sulit ditemui, menutup diri karena parno sama Covid-19," ujarnya.

Sukma memberitahu Mega lewat sebuah surat. "Saya tulis surat, intinya saya permisi, saya beri tahu saya mau pindah agama, mau kembali ke agamanya Eyang Putri, gitu, ya semua jawabannya silakan saja. Jadi enggak ada penolakan, semuanya bisa dimengerti," ujarnya.

Sukmawati yang semula beragama Islam memutuskan pindah ke agama Hindu, mengikuti agama yang dianut neneknya sekaligus Ibu Sukarno, Nyoman Rai Srimben. Nyoman Rai Srimben merupakan penduduk asli Kabupaten Buleleng, Bali.

Upacara Sudhi Wadani Sukmawati Soekarnoputri digelar secara terbatas pada Selasa (26/10). Putranya, Muhammad Putra Al Hadad, mewakili keluarga hadir menyaksikan secara langsung ritual upacara pindah agama Sukmawati.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

megawati hindu sukmawati soekarnoputri

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top