Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menteri Sandi Bagi-Bagi Tips agar Pelaku UMKM Bangkit dari Pandemi

Sandi menyebut tiga kunci penting untuk membangkitkan perekonomian para pengusaha, yakni inovasi, adaptasi dan kolaborasi.
Herdanang Ahmad Fauzan
Herdanang Ahmad Fauzan - Bisnis.com 22 Oktober 2021  |  20:05 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.  - Bisnis.com/Janlika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. - Bisnis.com/Janlika

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno yakin para pelaku UMKM di Indonesia bisa bertahan dari krisis akibat pandemi Covid-19. 

Dalam webinar Apresiasi Kreasi Indonesia yang berlangsung di Palembang Jumat (22/10/2021), Sandiaga menegaskan kembali optimisme tersebut sambil berbagi pengalamannya di masa lalu. Menurut Sandi, ada tiga kunci utama yang mesti dipegang teguh para pelaku UMKM agar mampu melewati krisis.

"Kepada seluruh pelaku eknomi kreatif, saya harapkan dengan ada tiga orientasi yakni inovasi, adaptasi, kolaborasi sambil bergerak proaktif, kita akan mampu memulihkan perekonomian dari krisis pandemi," kata Sandi, dikutip dari siaran virtual Kemenparekraf.

Inovasi yang dimaksud Sandiaga Uno berkaitan dengan pengembangan-pengembangan produk baru agar mampu bersaing. Sementara adaptasi berkaitan dengan penerapan pola kerja dan orientasi baru seiring adanya era new normal.

Adapun terakait aspek terakhir, yakni kolaborasi, disebutnya memiliki kaitan erat dengan kemauan sesama pelaku UMKM untuk gotong royong dan saling membantu.

Sandi menambahkan bahwa ketiga kunci yang dia maksud pernah diterapkannya saat membangun bisnis di masa lalu. Dari pelajaran yang dia alami, Sandi optimistis pengusaha lain bisa mengulang kisah sukses serupa.

"Saya dulu juga memulai usaha waktu krisis, habis kena PHK. Kehilangan mata pencaharian, tidak memiliki pendapatan, dan saya ada di titik terendah dalam siklus kehidupan. Tetapi alhamdulillah, usaha yang kami mulai dari mulai tiga karyawan sekarang sudah berkembang menjadi salah satu perusahaan investasi terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 30.000 karyawan," tandasnya.

Per Agustus 2021, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah memperkirakan sekitar 32 juta atau 40 persen UMKM  di Indonesia mengalami penurunan pendapatan drastis, dan terancam bangkrut akibat kedatangan pandemi Covid-19. Kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia juga mengalami tren penurunan pada 2020.

Namun, seiring adanya penurunan persebaran kasus Covid-19 dan melonggarnya level PPKM, pemerintah masih optimistis sektor tersebut dapat berangsur pulih secara konsisten.

#ingatpesanibu #sudahdivaksintetap3m #vaksinmelindungikitasemua


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

umkm ukm sandiaga uno Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Hafiyyan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top