Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Penikam Anggota Parlemen Inggris Kena Pasal UU Terorisme

Polisi mengatakan pria Inggris berusia 25 tahun itu ditahan di kantor polisi London di bawah Undang-Undang Terorisme 2000 dan petugas memiliki waktu hingga 22 Oktober untuk menyidiknya.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 17 Oktober 2021  |  08:29 WIB
Ilustrasi teroris - Istimewa
Ilustrasi teroris - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA — Seorang pria bernama Ali Harbi Ali ditahan setelah anggota parlemen Inggris Sir David Amess ditikam hingga tewas pada Jumat, pejabat Whitehall telah mengkonfirmasi kepada BBC.

Polisi mengatakan pria Inggris berusia 25 tahun itu ditahan di kantor polisi London di bawah Undang-Undang Terorisme 2000 dan petugas memiliki waktu hingga 22 Oktober untuk menyidiknya.

Ali ternyata pernah dirujuk ke program Pencegahan (Prevent) kontra-teroris beberapa tahun lalu. Para pejabat tidak percaya ada orang lain yang terlibat dalam serangan itu sebagaimana dikutip BBC.com, Minggu (17/10).

Prevent adalah sebuah program pencegahan terorisme di Inggris yang bertujuan untuk menghentikan orang-orang yang diradikalisasi.

Para guru, anggota masyarakat, lembaga kesehatan dan organisasi sosial lainnya dapat merujuk individu untuk dimasukkan ke dalam program itu dan Prevent akan memutuskan bagaimana bentuk intervensi sosial dalam kehidupan mereka. Keterlibatan dalam skema ini bersifat sukarela dan bukan merupakan sanksi pidana.

Diperkirakan Ali, yang merupakan keturunan Somalia, tidak menghabiskan waktu lama dalam program itu. Dia juga tidak pernah menjadi "subjek yang menarik" bagi Dinas Keamanan dan lembaga intelijen MI5.

Sir David, anggota parlemen Konservatif sejak 1983, mengadakan pertemuan rutin pada Jumat dengan konstituen di Gereja Metodis Belfairs di Leigh-on-Sea wilayah Essex ketika dia ditikam beberapa kali.

Pria berusia 69 tahun itu meninggalkan satu istri dan empat putri serta seorang putra. Untuk menandai kepergian Sir David, acara bakar lilin diadakan di Leigh-on Sea pada Sabtu malam.

Berbicara pada pertemuan tersebut, anggota paparlemen asal Southend Alan Dear mengatakan bahwa Sir David merupakan orang baik, penuh kasih dan lembut serta seorang pria terhormat dan lembut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

inggris terorisme
Editor : Aprianto Cahyo Nugroho

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top