Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Kabupaten Sintang Berangsur Surut, 8.917 Terdampak

Banjir yang melanda 10 kecamatan di Kabupaten Sintang dipicu meluapnya sejumlah sungai di wilayah Kalimantan Barat.
Ilustrasi banjir/Antara
Ilustrasi banjir/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Banjir yang melanda Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat sejak sepekan lalu berangsung surut. Namun demikian, tinggi muka air di wilayah tersebut masih berada pada kisaran 100 hingga 200 cm.

Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan bahwa tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini.

Banjir yang melanda 10 kecamatan itu dipicu meluapnya bebeberapa sungai di wilayah Kalimantan Barat.

"Hujan dengan intensitas tinggi mengakibatkan debit air Sungai Kapuas, Sungai Melawi dan Sungai Kayan membanjiri sepuluh kecamatan dengan ketinggian hingga 600 meter pada Sabtu lalu (2/10), pukul 04.00 WIB," kata Abdul dalam keterangan resmi, dikutip Minggu (10/10/2021).

Merespons kejadian tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang melakukan kaji cepat dan koordinasi dengan pihak terkait hingga tingkat desa dan kecamatan.

BPBD juga mengimbau warga untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap bahaya susulan maupun cuaca ekstrem. Menyikapi bencana banjir di sejumlah kecamatan, Pemerintah daerah menetapkan status tanggap darurat melalui Surat Bupati Sintang Nomor 360/1140/KEP-BPBD/2021 yang berlaku selama 14 hari, terhitung sejak 5 hingga 18 Oktober 2021.

BPBD Kabupaten Sintang mencatat lebih dari 8.000 rumah terdampak banjir ini. Berdasarkan data BPBD setempat hingga Sabtu (9/10/2021) rincian rumah terdampak yakni, Kecamatan Serawai 2.319 unit, Sintang 1.266, Dedai 1.242, Kayan Hilir 1.200, Ambalau 830, Tempunak 600, Kayan Hulu 600, Sepauk 400, Binjai 300 dan Ketungau Hilir 160. Total rumah terdampak mencapai 8.917 unit.

Banjir menyebabkan 852 KK mengungsi sementara ke tempat yang aman. Abudl mengaatakan BPBD masih memutakhirkan jumlah warga yang mengungsi.

Data sementara menyebutkan warga mengungsi di Kecamatan Serawai sebanyak 386 KK dan Ambalau 466 KK.

"Sedangkan total warga terdampak di sepuluh kecamatan tersebut sebanyak 8.917 KK, dengan jumlah terbanyak di Kecamatan Serawai," papar Abdul.

Total kerugian yang diakibatkan banjir ini masih dalam proses perhitungan pemerintah daerah setempat, seperti dampak terdampak kerusakan infrastruktur umum, lahan maupun aset warga lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper