Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kematian Akibat Covid-19 di AS Melonjak 40 Persen Dua Pekan Terakhir

Meski 64 persen dari populasi AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, namun rata-rata kematian per hari naik 40 persen selama dua minggu terakhir.
Antrian vaksinasi Covid-19 di AS/ Bloomberg
Antrian vaksinasi Covid-19 di AS/ Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA – Rata-rata kematian akibat Covid-19 di Amerika Serikat telah lebih dari 1.900 per hari untuk pertama kalinya sejak Maret lalu.

Meski hampir 64 persen dari populasi AS telah menerima setidaknya satu dosis vaksin, namun rata-rata kematian per hari naik 40 persen selama dua minggu terakhir dari 1.387 menjadi 1.947, menurut data dari Universitas Johns Hopkins.

Wilayah Virginia barat mencatat lebih banyak kematian dalam tiga minggu pertama September ini atau 340 orang.

Angka itu lebih tinggi dari gabungan tiga bulan sebelumnya. Sementara di negara bagian Georgia rata-rata meninggal 125 per hari atau lebih banyak dari California atau negara bagian berpenduduk lebih banyak lainnya.

Sedangkan jumlah orang Amerika Serikat yang memenuhi syarat vaksin namun belum mendapatkan suntikan mencapai lebih dari 70 juta orang.

Pada sisi lain, banyak komunitas di wilayah yang rendah vaksinasi memiliki penyakit penyerta berisiko tinggi seperti obesitas dan diabetes, kata William Moss dari Johns Hopkins sebagaimana dikutip TheGuardian.com, Rabu (22/9/2021).

Kombinasi tersebut, bersama dengan munculnya varian Delta yang lebih menular, terbukti mematikan.

William Moss menambahkan  bahwa kondisi itu adalah kegagalan nyata masyarakat dan kesalahan semua pihak yang paling mengerikan. Apalagi pada tahap ini rumah sakit kewalahan, ICU kewalahan sehingga mencapai angka kematian per hari yang tinggi.

Kasus baru virus Corona per hari di AS telah turun sejak awal September dan sekarang mencapai sekitar 139.000, tetapi kematian biasanya membutuhkan waktu lebih lama untuk turun.


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper