Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Nama Calon Panglima TNI Tak Kunjung Disebut, Ini Penjelasan DPR

Presiden Jokowi mempunyai pertimbangan sendiri untuk menentukan waktu penyampaian nama calon pengganti Panglima TNI Hadi Tjahjanto.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 15 September 2021  |  14:09 WIB
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat bersiap memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2021 di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (16/2/2021). - Antara/Akbar Nugroho Gumay
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat bersiap memberikan arahan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI 2021 di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (16/2/2021). - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan DPR sampai saat ini belum menerima surat presiden (Surpres) terkait penunjukan calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa penyampaian surpres tergantung Presiden Jokowi. Menurutnya, jika surpres pergantian Panglima TNI sudah sampai ke DPR, dia akan segera mengumumkannya ke publik.

“Sampai hari ini belum ada,” ujar politisi Partai Gerindra itu, Rabu (15/9/2021)

Sufmi tak mau berspekulasi kenapa sampai saat ini presiden belum mengirimkan nama ke DPR. Dia menduga Presiden Jokowi mempunyai pertimbangan tersendiri terkait waktu yang tepat untuk menyampaikan surat tersebut.

Meski demikian, dia juga mengingatkan bahwa di DPR ada mekanisme yang perlu dipatuhi, bahwa sebelum ada pergantian panglima, surpres dari pemerintah seharusnya sudah masuk sebelum masa reses.

“Selain pertimbangan sendiri, presiden juga mungkin sedang menghitung waktunya. Tunggu saja,” ujarnya.

Meski belum ada kejelasan surpres dari Jokowi, nama kandidat pengganti Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI sudah sudah mulai banyak dibicarakan.

Salah satu nama yang muncul adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Sejumlah politikus DPR bahkan telah mengonfirmasi seputar kabar tersebut. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolo, adalah salah satu politisi yang menyebut Andika bakal naik menjadi panglima TNI.

"Insya Allah. Semua akan terjadi dalam waktu dekat Jenderal Dudung Abdurachman menjadi KSAD dan Jenderal Andika Perkasa menjadi Panglima TNI," kata Effendi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr Hadi Tjahjanto
Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top