Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sidang AIPA ke-42, Parlemen Indonesia Usulkan Resolusi Krisis Myanmar

BKSAP DPR RI menilai pengambilalihan paksa Pemerintahan Myanmar oleh militer sebagai langkah mundur dalam demokrasi dan dapat mengganggu stabilitas kawasan.
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, yang juga merupakan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon/ Tangkapan layar Youtube Fadli Zon Official
Anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra, yang juga merupakan Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI, Fadli Zon/ Tangkapan layar Youtube Fadli Zon Official

Bisnis.com, JAKARTA - Delegasi Indonesia mengusulkan resolusi krisis untuk penanganan Myanmar Sidang Umum ke-42 Asean Inter-Parliamentary Assembly (AIPA) yang diselenggarakan secara virtual dari Brunei Darussalam, Selasa (24/8/2021).

Resolusi itu termuat dalam draf Resolution on Parliamentary Support on the Situation in Myanmar yang disiapkan Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI.

Ketua BKSAP DPR RI Fadli Zon memandang peristiwa pengambilalihan paksa Pemerintahan Myanmar oleh militer sebagai langkah mundur dalam demokrasi dan dapat mengganggu stabilitas kawasan. Oleh karena itu, BKSAP melalui fungsi diplomasi parlemen mendukung segala upaya untuk mewujudkan penyelesaian konflik di Myanmar secara damai. 

Menurutnya, draf resolusi yang diusulkan parlemen Indonesia merupakan dukungan bagi perkembangan demokrasi, rule of law, dan penghormatan hak asasi manusia (HAM) di kawasan dalam Sidang Umum (SIUM) AIPA ke-42.

 “Kita mengusulkan draft resolusi tentang situasi di Myanmar yang sejalan juga dengan 5 konsensus para pemimpin ASEAN yang diadopsi pada bulan April lalu," kata Fadli, seperti dilansir laman resmi DPR RI, Rabu (25/8/2021).

 Adapun lima poin Konsensus Asean untuk perdamaian di Myanmar yakni, pertama, kekerasan harus segera dihentikan dan semua pihak harus menahan diri sepenuhnya. 

Kedua, dialog konstruktif antara semua pihak terkait mulai mencari solusi damai untuk kepentingan rakyat. Ketiga, utusan khusus Ketua Asean akan memfasilitasi mediasi. 

Keempat, Asean akan memberikan bantuan kemanusiaan, sedangkan kelima, utusan khusus dan delegasi akan mengunjungi Myanmar untuk bertemu dengan semua pihak terkait.

Fadli menuturkan, penyelesaian krisis di Myanmar merupakan kepentingan bersama bagi semua negara anggota Asean. Langkah prioritas yang perlu dilakukan adalah memulihkan demokrasi, menjaga perdamaian, stabilitas serta kesejahteraan kawasan.

"Bersama BKSAP DPR RI, saya juga mendukung penuh pemerintah Indonesia sebagai peacemaker, problem solver dan bridge builder dalam menyelesaikan krisis Myanmar," ujarnya. 

Namun, Fadli menyadari tantangan menyelesaikan konflik juga menghambat perdamaian di Myanmar. Pasalnya, ada ketidaksamaan pandangan dalam memandang kasus Myanmar, serta prinsip non interference (tidak ikut campur) oleh negara Asean.

“Tadi, negara Laos dan Vietnam menolak untuk mendiskusikan ini sehingga terjadi perdebatan yang cukup hangat di Komite Bidang Politik yang selalu dalihnya itu adalah konsensus," terang Fadli.

Terkait situasi Myanmar, Fadli berharap negara-negara Asean lebih progresif dan dinamis dalam memaknai prinsip non-interference.

"Menurut saya, sulit mengambil keputusan jika selalu diarahkan kepada konsensus, termasuk untuk hal-hal yang sebenarnya sangat suportif dan baik bagi kepentingan negara-negara ASEAN sendiri," pungkas politisi Partai Gerindra itu. 

Sidang Umum AIPA ke-42 diselenggarakan pada 23-25 Agustus 2021 oleh Brunei Darussalam sebagai tuan rumah. Forum bertajuk ‘Forging Parliamentary Cooperation in Digital Inclusion towards Asean Community 2025’ ini membahas dan mengesahkan draf-draf resolusi di bidang politik, ekonomi, sosial, serta isu-isu tentang perempuan di Kawasan regional.  

AIPA merupakan organisasi parlemen regional yang menghimpun parlemen negara-negara Asean. Saat ini AIPA beranggotakan 10 parlemen yaitu Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper