Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kabar Baik! BOR Rumah Sakit dan Kasus Aktif Covid-19 di 14 Provinsi Turun

BOR di sebagian besar provinsi di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, menunjukkan kenaikan.
Suasana di depan Rumah Sakit Umum Daerah Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (30/7/2021)./Antara
Suasana di depan Rumah Sakit Umum Daerah Jati Padang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Jumat (30/7/2021)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 menyebut tingkat keterisian tempat tidur isolasi atau bed occupancy ratio (BOR)  rumah sakit menurun dalam dua pekan terakhir, seiring penurunan kasus positif Covid-19.

Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito menyebut, penurunan BOR dan kasus aktif secara bersamaan terjadi pada 14 provinsi. Di antaranya Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Maluku Utara dan Papua Barat.

DKI Jakarta mencatatkan penurunan BOR yang signifikan sebesar 21,55 persen disusul Banten yang turun 20,57 persen dalam satu minggu terakhir.

 "Saya apresiasi capaian ini, karena ini artinya pemerintah daerahnya mampu menekan beban berat tenaga kesehatan yang bertugas di rumah sakit selama beberapa minggu terakhir," ujar Wiku dalam keterangan tertulis, Rabu (4/8/2021).

Secara nasional, ujar Wiku, angka BOR mingguan sebelumnya sempat mencapai 77,07 persen pada 11 Juli 2021. Namun, perlahan menunjukkan menjadi 75,91 persen, turun lagi menjadi 70,62 persen dan pada minggu terakhir menurun lagi menjadi 61,95 persen.

Penurunan ini sejalan dengan penurunan kasus aktif selama dua minggu terakhir. Sebelumnya kasus aktif sempat mencapai 18,84 persen menjadi 18,12 persen, terus turun menjadi 15,55 persen per 1 Agustus 2021.

"Penurunan nyata terlihat pada penurunan BOR di Wisma Atlet yang saat ini persentase huniannya di angka 31,34 persen," ujar Wiku.

Luar Pulau Jawa-Bali

Meskipun demikian, Satgas menyoroti perkembangan kasus aktif dan BOR untuk sebagian pulau di luar Jawa-Bali. BOR di sebagian besar provinsi di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi, menunjukkan kenaikan. Di Pulau Sumatra, kenaikan terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Sumatera Selatan, Bangka Belitung dan Bengkulu.

Sedangkan Pulau Kalimantan, kenaikan terjadi di Kalimantan Selatan dan Kalimantan Utara. Provinsi Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur menunjukkan kenaikan pada salah satu indikator.

Sementara, di Pulau Sulawesi, kenaikan terjadi di Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo dan Sulawesi Barat.

Di Pulau Jawa, juga masih ada DI Yogyakarta yang kasus aktifnya belum menunjukkan penurunan.

Sedangkan Bali, meskipun kasus positif menunjukkan perbaikan, namun untuk kasus aktif dan BOR belum menunjukkan perbaikan.

Untuk itu, Wiku meminta kepala daerah dan masyarakat di provinsi di Pulau Sumatra, Kalimantan dan Sulawesi untuk terus memantau perkembangan Covid-19 di wilayah masing-masing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo.Co
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper