Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rayakan Iduladha, Masyarakat Wajib Taati Prokes Pencegahan Covid-19

Jangan lengah! Setiap hari besar keagamaan, pemerintah sering mencatat adanya angka kenaikan Covid-19.
Ilustrasi-Hewan Kurban saat Iduladha/Antara-Saiful Bahri
Ilustrasi-Hewan Kurban saat Iduladha/Antara-Saiful Bahri

Bisnis.com, JAKARTA - Menjelang Iduladha, masyarakat diingatkan kembali untuk disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan dengan ketat mengingat varian Delta Covid yang masuk ke Indonesia, menular sangat cepat.

Koordinator Tim Pakar Satgas Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan Satgas bersama pemerintah melakukan pengamatan bahwa tiap adanya liburan panjang, terutama liburan yang menyangkut hari besar keagamaan, akan terjadi lonjakan angka kasus Covid-19 dalam jangka waktu dua hingga tiga minggu setelahnya.

Wiku mengungkapkan dengan adanya varian delta Covid-19, yang menular sangat cepat, maka dia meminta kepada masyarakat agar tetap taat prokes.

Dia juga menyarankan agar masyarakat semakin bijak dalam bermedsos, sampaikan konten edukasi positif yang membawa harapan dan jauhi berita menyesatkan atau hoax.

Kini Satgas Bersama Pemerintah tidak ragu untuk membuat peraturan untuk membatasi kegiatan dan mobilitas masyarakat yang berpotensi memunculkan kerumunan dan meningkatkan potensi penularan angka COVID-19 yang diterapkan selama tanggal 18-25 Juli 2021.

Peraturan mengenai ketentuan penerapan protokol kesehatan dimuat dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 16 tahun 2021, Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 tahun 2021, Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021, dan Surat Edaran Satgas No. 15 Tahun 2021. 

Secara garis besar, seluruh peraturan tersebut memiliki ruang lingkup mengenai berbagai ketentuan ibadah dalam penyelenggaraan Malam Takbiran, Salat Iduladha, dan Pelaksanaan Kurban Tahun 1442 H yang mengacu pada kondisi pemberlakuan PPKM Darurat di berbagai wilayah Jawa dan Bali.

Ketua BKR Satgas Covid-19 Andre Rahadian mengungkapkan mengatakan bahwa BKR Satgas Covid-19 terus menunjukan komitmen untuk menjadi wadah pergerakan relawan dalam menuntaskan Covid-19 dengan tindakan pentaheliks, diantaranya dalam momen Hari Raya Iduladha 1442 H.

"Mari seluruh relawan dan masyarakat bergerak bersama menjalankan dan mensosialisasikan protokol kesehatan 3M untuk terus berjalan agar khidmat Iduladha tetap bisa kita rasakan," ungkapnya seperti dikutip dari siaran resmi, Senin (19/7/2021).

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper