Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Mau Buka Pintu bagi Wisman, Banyan Tree: Bisa Contoh Phuket

Rencana yang disebut Phuket Sandbox ini sangat bergantung terhadap progress vaksinasi di kawasan ini. Sejauh ini, vaksinasi masyarakat di sekitar area ini sudah mencapai 70 persen dari total populasi.
Vaksinasi Covid-19 di Thailnad/ SCMP
Vaksinasi Covid-19 di Thailnad/ SCMP

Bisnis.com, JAKARTA – Rencana Thailand untuk membuka pintunya lebar-lebar bagi wisatawan asing ke Pantai Phuket bisa menjadi contoh bagi negara-negara lainnya yang berniat memacu kembali industri pariwisatanya.

Negara dengan tingkat ketergantungan yang tinggi terhadap industri pariwisata ini akan memperbolehkan para pelancong untuk tidak melakukan karantina ketika Pantai Phuket mulai dibuka pada 1 Juli mendatang.

Untuk bisa bebas dari syarat karantina, turis asing harus sudah divaksin dan tidak datang dari negara dengan tingkat risiko yang tinggi.

Rencana yang disebut Phuket Sandbox ini sangat bergantung terhadap progress vaksinasi di kawasan ini. Sejauh ini, vaksinasi masyarakat di sekitar area ini sudah mencapai 70 persen dari total populasi, atau lebih tinggi dari rata-rata nasional yang hanya 5 persen.

“Semua negara mulai merencanakan pembukaan perbatasan dan Phuket Sandbox adalah cara yang paling efektif ketika sejumlah negara bahkan gagal merealisasikan travel bubble,” kata Executive Chairman Banyan Tree Ho Kwon Ping, dikutip dari Bloomberg, Rabu (16/6/2021).

Menurutnya, Thailand adalah contoh nyata untuk pertama kalinya sebuah negara dengan tingkat vaksinasi yang rendah berani membuka perbatasannya.

Asia terpantau lambat dalam melakukan vaksinasi. Sejumlah negara bahkan menutup pintu perbatasannya dan hanya memperbolehkan warga negaranya masuk.

Hong Kong dan Singapura tengah berupaya mengimplementasikan travel bubble selama beberapa bulan terakhir, tetapi selalu berakhir dengan penundaan akibat kondisi pandemi Covid-19 yang tidak menentu.

Sementara itu, negara-negara di Eropa misalnya Prancis dan Spanyol mulai melongarkan pembatasan dan memperbolehkan masuknya turis asing dari Selandia Baru misalnya, untuk masuk dan tidak melakukan karantina.

Kendati demikian, Ho mengapresiasi langkah Thailand karena posisi Phuket yang berada di pulau sehingga mudah mengontrolnya. “Kamu bisa mengontrolnya, jika kasus penularan meningkat, maka anda tekan dan anda sudah melindungi negara anda,” jelasnya.

Dia menekankan progress vaksinasi masih menjadi kunci implementasi program travel bubble. Dengan tingginya tingkat vaksinasi di kawasan tersebut, Phuket hanya melaporkan 6 kasus baru dalam beberapa pekan terakhir.

Namun secara nasional, Thailand melaporkan kasus baru mencapai 2.790 per hari dan sekitar sepertiganya berada di Bangkok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper