Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PPDB 2021 Dimulai, Ini Tahapannya di Kota Bogor

Dinas Pendidikan Kota Bogor membuka tahapan pelaksanaan PPDB untuk tingkat PAUD/TK), SD, dan SMP secara online.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 07 Juni 2021  |  13:43 WIB
Ilustrasi - Calon peserta didik melintas di depan mural Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara, Rabu (8/7/2020). - Antara
Ilustrasi - Calon peserta didik melintas di depan mural Bapak Pendidikan Nasional Ki Hajar Dewantara, Rabu (8/7/2020). - Antara

Bisnis.com, BOGOR - Penerimaan peserta didik baru atau PPDB di Kota Bogor dimulai Senin ini (7/6/2021).

Dinas Pendidikan Kota Bogor membuka tahapan pelaksanaan PPDB untuk tingkat pendidikan anak usia dini dan taman kanak-kanak (PAUD/TK), SD, dan SMP, secara online.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor Hanafi ,Senin, mengatakan untuk tingkat PAUD/TK pendaftaran dan verifikasi berkas dilaksanakan pada Senin hingga Rabu, 7 - 9 Juni 2021, pengumuman pada 11 Juni 2021, dan daftar ulang pada 14 - 15 Juni 2021.

PPDB untuk tingkat SD, dibagi dalam dua kelompok. Pertama, jalur afirmasi, anak berkebutuhan khusus, perpindahan tugas orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan, serta jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19, pendaftarannya pada 7 - 8 Juni 2021.

Verifikasi berkas pada 9 - 10 Juni, pengumuman penerimaan pada 11 Juni, serta daftar ulang pada 14 - 15 Juni.

Menurut Hanafi, dari jumlah kuota total PPDB tingkat SD, penerimaan untuk kelompok pertama, peruntukannya dibagi lagi yakni jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus kuotanya 15 persen, jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan kuotanya lima persen, serta jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 kuotanya dua persen.

Kedua, jalur zonasi, pendaftaran pada 16 - 18 Juni, pengumuman pada 19 Juni, dan daftar ulang pada 21 - 22 Juni 2021. "Jalur zonasi ini kuotanya 78 persen," katanya.

PPDB untuk tingkat SMP juga dibagi dalam dua kelompok. Pertama, jalur afirmasi, anak berkebutuhan khusus, perpindahan tugas orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan, serta jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19. Pendaftaran pada 23 - 26 Juni 2021.

Verifikasi berkas pada 23 - 28 Juni, pengesahan dan pelaporan pada 29 Juni, pengumuman penerimaan pada 30 Juni, daftar ulang pada 1 - 2 Juli 2021.

Menurut Hanafi kuota penerimaan peserta didik baru (PDB) kelompok pertama untuk SMP adalah sebagai berikut:

  • jalur afirmasi dan anak berkebutuhan khusus kuotanya 20 persen, jalur prestasi akademik dan prestasi non-akademik 23 persen
  • jalur perpindahan orang tua/wali, anak pendidik dan tenaga kependidikan kuotanya lima persen
  • jalur istimewa tenaga medis dan paramedis Covid-19 kuotanya dua persen.

Kedua, jalur zonasi, kuota penerimaannya 50 persen dari kuota total penerimaan.

Hanafi menjelaskan, pada PPDB tahun 2021 ini, baik SMP, SD, maupun PAUD/TK, berkas pendaftaran dientri melalui website: www.kotabogor.siap-ppdb.com.

"Ada dua jenis persyaratan, yakni persyaratan umum dan khusus," katanya,

Untuk jalur istimewa tenaga medis dan para medis yang menangani pasien Covid-19, kata dia, jika domisilinya di luar Kota Bogor tapi tugasnya di Kota Bogor, anaknya tetap bisa mendaftar di sekolah di Kota Bogor.

Menurut Hanafi, untuk memastikan PPDB online tahun 2021 berjalan baik sesuai regulasi, Dinas Pendidikan Kota Bogor membentuk satuan tugas. Anggota satgas dari semua unsur bidang pendidikan, untuk melakukan pengawasan proses penerimaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ppdb kota bogor PPDB Online

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top