Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

5 Pimpinan Parpol Merapat ke Ridwal Kamil, Persiapan Pilpres 2024?

Lima pimpinan partai politik telah bertemu secara pribadi degan Ridwa Kamil, Akankah pertemuan itu berubah menjadi dukungan untuk maju dalam pencapresan 2024?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 06 Juni 2021  |  13:46 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan di Nara Park, Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/6/2021). AHY bertemu Ridwan Kamil dalam rangka safari politik di Jawa Barat. - Bisnis/Dea Andriyawan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) bersama Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) memberikan keterangan di Nara Park, Bandung, Jawa Barat, Jumat (4/6/2021). AHY bertemu Ridwan Kamil dalam rangka safari politik di Jawa Barat. - Bisnis/Dea Andriyawan

Bisnis.com, JAKARTA -- Populer dan memiliki elektabilitas yang tinggi menjadi magnet bagi sosok Ridwan Kamil. Dia kerap digadang-gadang sebagai salah satu tokoh yang potensial untuk menggantikan Jokowi pada 2024 mendatang.

Tak heran, dalam sepekan terakhir dua ketua umum partai politik bergantian menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dalam sepekan belakangan. Mereka ialah Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Selain itu di Palembang, Sumatera Selatan pada Kamis, 3 Juni lalu, Ridwan Kamil juga mengakui sudah bertemu dengan sejumlah ketua umum partai. Mereka adalah Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar, Presiden Partai Keadilan Sejahtera Ahmad Syaikhu, dan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Adapun AHY menemui Ridwan Kamil pada Jumat, 4 Juni lalu di sela-sela kunjungannya ke Jawa Barat. Ridwan Kamil lantas membonceng Agus Harimurti berkeliling Kota Kembang dengan sepeda motor BMW R27 miliknya.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengenakan kaus berkerah warna biru dongker dipadu dengan jaket jeans, sedangkan AHY memakai kemeja garis-garis warna biru.

"Saya ajak ke jalur nostalgia, karena Mas AHY itu lahir di Bandung, bersekolah dan jatuh cinta kepada @AnnisaPohan juga di Bandung," tulis Ridwan Kamil dilansir dari Tempo, Ahad (6/6/2021).

Emil mengatakan, mereka membicarakan komitmen kolaborasi Partai Demokrat dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam program Jabar Juara Lahir Batin. Di akhir cuitan, ia bergurau, "Mas @AgusYudhoyono jangan lupa bintang limanya sesuai aplikasi."

AHY juga mengunggah foto-foto pertemuannya dengan Ridwan Kamil. Ia mencuit, "Di Bandung, bukan dibonceng Dilan, tapi dibonceng kang @ridwankamil," tulisnya. Dilan yang dimaksud ialah karakter dalam novel dan film berjudul 'Dilan 1990' karya Pidi Baiq, penulis dan musisi yang bergabung dalam band The Panas Dalam.

Sehari setelahnya atau pada Sabtu, 5 Juni 2021, giliran Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menemui Ridwan Kamil. Kali ini, Ridwan Kamil mengenakan kaus berwarna kuning dipadu blazzer abu-abu.

"Menyambut kehadiran Menko Perekonomian Bapak Airlangga Hartarto @airlangga_hrt yang juga Ketua Umum Partai Golkar di Bandung," kata Ridwan Kamil di akun Twitternya.

Airlangga didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, yang juga anak tokoh asal Jawa Barat Ginandjar Kartasasmita dalam kunjungan itu. Ridwan Kamil mengatakan, mereka membahas strategi dan progres perkembangan pemulihan ekonomi di Jawa Barat.

"Saya kedatangan tamu istimewa, Pak Airlangga Hartarto Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar membicarakan dukungan untuk Jawa Barat, khususnya pengembangan Bandara Kertajati tadi kita bicarakan," ujar Kang Emil.

Ia juga mendoakan niat Airlangga untuk Pilpres 2024. Saat ini, Golkar memang menggadang-gadang Airlangga menjadi calon presiden dari partai beringin.

"Saya berdoa kepada Allah untuk mempermudah segala urusan dan maksud Pak Airlangga khususnya pada 2024. Itu doa dari saya khusus untuk beliau. Beliau sangat senang dan mudah-mudahan menjadi tanda kolaborasi kita," kata Ridwan Kamil.

Pertemuan Ridwan Kamil dan Airlangga berlangsung di Hotel Intercontinental, Bandung. Lewat akun Instagram golkar.indonesia, pertemuan itu disebut-sebut turut membicarakan rencana peresmian jalan 'Eddy Sukardi' sebagai kelanjutan dari jalan 'Didi Sukardi'.

Jalan itu berada di Kabupaten Sukabumi dan merupakan jalan tingkat provinsi. Didi dan Eddy Sukardi adalah kakek dan paman dari Airlangga.

Pertemuan ini ramai disorot lantaran dianggap tak terlepas dari penjajakan menuju Pilpres 2024.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi partai demokrat jawa barat ridwan kamil agus harimurti

Sumber : Tempo

Editor : Edi Suwiknyo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top