Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

2021, Kementerian ATR/BPN Targetkan Selesaikan 60 Kasus Mafia Tanah

Kementerian ATR/BPN terus menangani kasus mafia tanah. Untuk tahun ini, Kementerian ATR menargetkan bisa menyelesaikan 60 kasus mafia tanah.
Yanita Petriella
Yanita Petriella - Bisnis.com 05 Juni 2021  |  00:07 WIB
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil./Bisnis - Akhirul Anwar
Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil./Bisnis - Akhirul Anwar

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) akan menyelesaikan 60 kasus mafia tanah tahun ini.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil mengatakan pemerintah yang sangat ingin memerangi mafia tanah dengan tujuan akhir menciptakan pertanahan yang lebih baik.

"Kita tidak boleh kalah oleh mafia tanah, negara harus tampil dalam melindungi hak-hak masyarakat dan kita harus memeranginya," ujarnya melalui keterangan tertulis Jumat (4/6/2021).

Sofyan menuturkan terdapat peningkatan mekanisme pelayanan di Kementerian ATR/BPN melalui layanan pertanahan berbasis elektronik.

“Layanan dan transaksi elektronik akan membuat lebih mudah, transparan, terjamin dan nyaman, dan hal ini dilakukan sebagai salah satu cara untuk memberi kepastian hukum bagi masyarakat,” kata Sofyan.

Dirjen Penanganan Sengketa dan Konflik Pertanahan Kementerian ATR R.B. Agus Widjayanto menuturkan ada 242 kasus yang terindikasi sebagai mafia tanah di Indonesia sejak 2018, yang dalam penanganannya melibatkan kerja sama Kementerian ATR/BPN dengan Kepolisian hingga Kejaksaan.

"Kerja sama ini dilakukan untuk membuat efek jera kepada pihak yang ingin memanfaatkan keadaan dan tindakan yang melawan hukum untuk memperoleh tanah," ucapnya.

Koordinator Koordinator Masyarakat Anti Korupsi-Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman mengatakan bahwa sengketa tanah dan mafia tanah tidak pernah ada ujungnya dan dia mengapresiasi Menteri ATR/Kepala BPN konsisten ingin menyelesaikan permasalahan tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mafia tanah kementerian atr/bpn
Editor : M. Syahran W. Lubis

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top