Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jepang Segera Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Moderna

Saat ini, vaksin Pfizer adalah satu-satunya yang dipergunakan oleh Jepang untuk memvaksinasi warga lanjut usia dan lainnya.
Vaksin Moderna
Vaksin Moderna

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Jepang dikabarkan akan memberikan izin penggunaan vaksin Virus Corona Moderna pada pekan ini.

Saat ini, vaksin Pfizer adalah satu-satunya yang dipergunakan oleh Jepang untuk memvaksinasi warga lanjut usia dan lainnya.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (18/5/2021), permohonan bagi vaksin Moderna dan AstraZeneca telah diajukan ke kementerian tersebut, mengikuti jejak vaksin Pfizer. Kementerian Kesehatan Jepang akan mengadakan rapat pakar pada hari Kamis (20/05/2021) untuk membahas kedua vaksin tersebut.

Kementerian tersebut tampaknya akan memberikan persetujuan bagi Moderna pada Jumat (21/05/2021), setelah menerima persetujuan dari para pakar. Vaksin Moderna diperkirakan akan diberikan pada lokasi vaksinasi massal yang akan dibuka Senin (24/05/2021) pekan depan.

Sementara, bagi vaksin AstraZeneca, para pejabat kementerian akan secara hati-hati mempertimbangkan risiko pembentukan gumpalan darah dibanding dengan efikasinya, dengan memperhatikan masukan dari para pakar.

Melalui kontrak dengan pemerintah Jepang, AstraZeneca akan memasok cukup dosis bagi 60 juta orang.

Sementara itu, terkait dengan program vaksinasi Covid-19 di Negeri Sakura saat ini Pasukan Bela Diri (Self Defence Force/SDF) diketahui mendirikan tempat-tempat vaksinasi berskala besar di Tokyo dan Osaka. Lokasi tersebut akan siap beroperasi bagi warga lanjut usia yang memerlukan vaksinasi mulai pekan depan.

Unit vaksinasi SDF yang baru dibentuk tersebut terdiri dari para dokter dan perawat berlisensi. Terdapat 180 dari tenaga kesehatan tersebut yang akan dikerahkan ke Tokyo dan 100 ke Osaka.

Dengan bantuan perawat sipil, kedua lokasi tersebut akhirnya diperkirakan akan melakukan vaksinasi secara total 15.000 vaksinasi per hari.

Upaya tersebut ditujukan untuk memberi dorongan bagi program vaksinasi nasional yang tertinggal di belakang negara-negara maju. Sejauh ini, 72 persen tenaga kesehatan dan hanya 2,5 persen warga lanjut usia telah menerima setidaknya satu dosis.

Siapa pun yang sudah berhak mendapatkan vaksinasi kini dapat mendaftarkan diri secara daring melalui situs web Kementerian Pertahanan serta aplikasi pengiriman pesan LINE.

Pada lokasi di Osaka, semua slot yang ada untuk pekan pertama telah penuh dipesan dalam sekitar 25 menit, Senin (17/05/2021).

Untuk saat ini hanya mereka yang berusia 65 tahun ke atas dan tinggal di Kota Osaka atau salah satu dari 23 distrik Tokyo dapat memesan tempat. Namun, pemerintah berencana untuk memperluas kriteria orang yang berhak menerima vaksin dalam pekan-pekan mendatang.

Vaksinasi massal juga tengah dilaksanakan oleh pemerintah daerah di penjuru negeri.

Satu lokasi vaksinasi telah didirikan dalam satu lantai kosong pusat perbelanjaan di Kota Yokosuka, Provinsi Kanagawa. Para pelanggan yang telah mendapat sertifikat vaksinasi bisa mendapat diskon di pusat perbelanjaan tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper