Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jepang Segera Setujui Penggunaan Vaksin Covid-19 Moderna

Saat ini, vaksin Pfizer adalah satu-satunya yang dipergunakan oleh Jepang untuk memvaksinasi warga lanjut usia dan lainnya.
Rezha Hadyan
Rezha Hadyan - Bisnis.com 18 Mei 2021  |  14:37 WIB
Vaksin Moderna
Vaksin Moderna

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan Jepang dikabarkan akan memberikan izin penggunaan vaksin Virus Corona Moderna pada pekan ini.

Saat ini, vaksin Pfizer adalah satu-satunya yang dipergunakan oleh Jepang untuk memvaksinasi warga lanjut usia dan lainnya.

Melansir Perusahaan Penyiaran Jepang (Nippon Hoso Kyokai/NHK) pada Selasa (18/5/2021), permohonan bagi vaksin Moderna dan AstraZeneca telah diajukan ke kementerian tersebut, mengikuti jejak vaksin Pfizer. Kementerian Kesehatan Jepang akan mengadakan rapat pakar pada hari Kamis (20/05/2021) untuk membahas kedua vaksin tersebut.

Kementerian tersebut tampaknya akan memberikan persetujuan bagi Moderna pada Jumat (21/05/2021), setelah menerima persetujuan dari para pakar. Vaksin Moderna diperkirakan akan diberikan pada lokasi vaksinasi massal yang akan dibuka Senin (24/05/2021) pekan depan.

Sementara, bagi vaksin AstraZeneca, para pejabat kementerian akan secara hati-hati mempertimbangkan risiko pembentukan gumpalan darah dibanding dengan efikasinya, dengan memperhatikan masukan dari para pakar.

Melalui kontrak dengan pemerintah Jepang, AstraZeneca akan memasok cukup dosis bagi 60 juta orang.

Sementara itu, terkait dengan program vaksinasi Covid-19 di Negeri Sakura saat ini Pasukan Bela Diri (Self Defence Force/SDF) diketahui mendirikan tempat-tempat vaksinasi berskala besar di Tokyo dan Osaka. Lokasi tersebut akan siap beroperasi bagi warga lanjut usia yang memerlukan vaksinasi mulai pekan depan.

Unit vaksinasi SDF yang baru dibentuk tersebut terdiri dari para dokter dan perawat berlisensi. Terdapat 180 dari tenaga kesehatan tersebut yang akan dikerahkan ke Tokyo dan 100 ke Osaka.

Dengan bantuan perawat sipil, kedua lokasi tersebut akhirnya diperkirakan akan melakukan vaksinasi secara total 15.000 vaksinasi per hari.

Upaya tersebut ditujukan untuk memberi dorongan bagi program vaksinasi nasional yang tertinggal di belakang negara-negara maju. Sejauh ini, 72 persen tenaga kesehatan dan hanya 2,5 persen warga lanjut usia telah menerima setidaknya satu dosis.

Siapa pun yang sudah berhak mendapatkan vaksinasi kini dapat mendaftarkan diri secara daring melalui situs web Kementerian Pertahanan serta aplikasi pengiriman pesan LINE.

Pada lokasi di Osaka, semua slot yang ada untuk pekan pertama telah penuh dipesan dalam sekitar 25 menit, Senin (17/05/2021).

Untuk saat ini hanya mereka yang berusia 65 tahun ke atas dan tinggal di Kota Osaka atau salah satu dari 23 distrik Tokyo dapat memesan tempat. Namun, pemerintah berencana untuk memperluas kriteria orang yang berhak menerima vaksin dalam pekan-pekan mendatang.

Vaksinasi massal juga tengah dilaksanakan oleh pemerintah daerah di penjuru negeri.

Satu lokasi vaksinasi telah didirikan dalam satu lantai kosong pusat perbelanjaan di Kota Yokosuka, Provinsi Kanagawa. Para pelanggan yang telah mendapat sertifikat vaksinasi bisa mendapat diskon di pusat perbelanjaan tersebut.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jepang Vaksin Covid-19 moderna
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top