Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sudah Divaksin, Starbucks dan Walmart di AS Izinkan Pengunjung Lepas Masker

Walmart dan Starbucks di AS melonggarkan kebijakan wajib menggunakan masker usai pengumuman dari CDC pada Kamis lalu.
Annisa Sulistyo Rini
Annisa Sulistyo Rini - Bisnis.com 16 Mei 2021  |  07:04 WIB
Gerai Starbucks di Terminal Tom Bradley, Bandara LAX Los Angeles, AS. - Reuters
Gerai Starbucks di Terminal Tom Bradley, Bandara LAX Los Angeles, AS. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Jaringan toko ritel Amerika Serikat Walmart Inc. menyatakan staf dan pengunjung yang telah menerima vaksin dengan dosis lengkap bisa meninggalkan masker mereka di rumah.

Begitu juga dengan Starbucks Corp. yang menghapus kewajiban memakai masker bagi pengunjung yang telah disuntik vaksin mulai Senin (17/5/2021). Sementara, staf Starbucks masih diwajibkan menggunakan penutup bagian wajah.

Dilansir Bloomberg pada Minggu (16/5/2021), Walmart yang merupakan penyerap tenaga kerja terbesar di AS, menyatakan pekerja yang telah mendapatkan vaksin dosis lengkap boleh tidak menggunakan masker mulai Selasa (18/5/2021). Kebijakan ini diterapkan di seluruh jaringan Walmart, pusat distribusi, dan kantor.

Keputusan dari jaringan ritel terbesar di dunia itu menandai sebuah langkah signifikan kembalinya kehidupan AS ke arah normal dan menjadi contoh bagi perusahaan lain.

Selama masa pandemi, toko ritel menerapkan kewajiban penggunaan masker untuk konsumen dan pegawai, yang terkadang menimbulkan perselisihan bagi yang enggan mematuhi.

Kendati demikian, Apple Inc., Traget Corp, dan beberapa toko ritel lain belum melonggarkan aturan penggunaan masker. Hal ini dinilai bisa menimbulkan kebinggungan bagi para pengunjung dan pegawai.

Apple telah menyatakan bahwa toko ritel di AS masih menerapkan kewajiban penggunaan masker dan protokol kesehatan lainnya terkait Covid-19.

Adapun, beberapa perusahaan lain dilaporkan sedang mengkaji aturan mengenai penggunaan masker usai pengumuman CDC pada Kamis lalu. Kepala US Center for Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa masyarakat AS yang telah menerima suntikan vaksin Covid-19 secara lengkap bisa meninggalkan masker mereka dan menjaga jarak. Keputusan ini mengejutkan bagi para pelaku usaha.

Walmart juga menyatakan akan memberikan US$75 kepada pegawai yang telah mendapatkan vaksinasi, mengikuti kebijakan perusahaan lain seperti Kroger Co. dan Lidl and Instacart Inc., yang telah memberikan insentif uang tunai kepada karyawan yang telah mendapatkan vaksinasi. Sementara perusahaan lainnya memberikan hari libur berbayar bagi karyawan untuk mendapatkan vaksin.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat starbucks walmart masker Protokol Pencegahan Covid-19

Sumber : Bloomberg

Editor : Annisa Sulistyo Rini

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top