Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Laos Catat Kematian Pertama Akibat Covid-19, Ibu Kota Lockdown

Laos menetapkan kebijakan lockdown untuk ibu kota juga menutup transportasi internasional pada 22 April.
Nindya Aldila
Nindya Aldila - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  06:43 WIB
Ilustrasi - istimewa
Ilustrasi - istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Laos mencatatkan kematian akibat Covid-19 pertama kali setelah pandemi menghampiri seluruh penjuru dunia sejak tahun lalu.

Dilansir CNN International, Minggu (9/5/2021),  kabar kasus meninggal akibat Covid-19 di Laos tersebut dilaporkan oleh Vientiane Times.

Seorang pekerja di klub karaoke berusia 53 tahun berkebangsaan Vietnam meninggal di Vientiane. Kondisinya diperparah diabetes dan masalah kesehatan lain yang dideritanya.

Laos tengah menghadapi peningkatan kasus Covid-19 sejak libur tahun baru pada 14 April.

Hingga Sabtu, Laos hanya mencatatkan total 1.233 kasus. Sebanyak 1.184 kasus telah dilaporkan sejak bulan lalu. Adapun, 28 kasus di antaranya dilaporkan pada Sabtu.

Deputi Dirjen Departemen Kesehatan Laos Bouathep Phoumin mengatakan penyebaran virus yang dialami orang tua lebih. Mereka memiliki riwayat kesehatan tertentu sehingga menunjukkan gejala yang lebih berat.

Saat ini Laos telah memberikan 184.387 dosis vaksin Covid-19 kepada rakyatnya yang mencapai 7,28 juta jiwa.

Menurut Channel News Asia, Perdana Menteri Laos Phankham Viphavanh menetapkan kebijakan lockdown untuk ibu kota. Pemerintah juga menutup transportasi internasional pada 22 April setelah mengidentifikasi adanya klaster Covid-19 yang berhubungan dengan Thailand.

Penduduk ibu kota Vientiane dilarang meninggalkan kota dan orang luar harus mendapatkan izin untuk masuk.

Sejumlah negara Asia Tenggara menunjukkan gelombang kedua Covid-19 pada kuartal II/2021. Beberapa negara seperti Laos dan Thailand hingga perbatasan seperti Nepal melaporkan peningkatan kasus yang signifikan akibat penularan virus dari mutasi Covid-19.

Sejumlah rumah sakit mengalami tekanan akibat kenaikan kasus Covid-19 di Thailand. Bahkan, 98 persen kasus barunya berasal dari jenis virus yang lebih menular.

Begitu pula dengan Kamboja yang mencatat lebih dari 10.000 transmisi lokal di 20 provinsi. Hal itu membuat Phnom Penh menyatakan status zona merah atau area dengan risiko tinggi.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

thailand laos Covid-19
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top