Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jawab Prabowo, Connie: Tugas Menhan dan KPK Ungkap Mafia Alutsista

Sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyarankan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie untuk mengungkap sosok Mr. M yang disebut sebagai mafia alutsista.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 10 Mei 2021  |  13:46 WIB
Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh.  - Kementerian BUMN
Kementerian Pertahanan akan terus mendukung upaya peningkatan produksi alutsista dalam negeri, serta mendukung program penelitian dan pengembangan agar nantinya seluruh hasil produksi nasional dapat mandiri secara utuh. - Kementerian BUMN

Bisnis.com, JAKARTA - Pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie angkat bicara terkait saran Kementerian Pertahanan yang memintanya untuk mengungkap sosok Mr. M yang disebut sebagai mafia alutsista.

Connie menegaskan bahwa sebagai warga negara yang baik, akademisi sekaligus inteketual, dia hanya berkewajiban untuk bersikap kritis dalam mendukung Menteri Pertahanan dan Kementerian Pertahanan agar dapat bertindak kepada siapa pun yang bermain-main dalam upaya modernisasi Alutsista.

Pasalnya, jelas dia, pengawalan anggaran negara, termasuk di bidang pertahanan merupakan tugas masyarakat besama kementerian dan lembaga.

Di sisi lain, kata Connie, informasi terkait Mr. M atau mafia dalam upaya modernisasi alutsista juga diakui keberadaannya oleh para tokoh lain termasuk Anggota DPR RI Komisi I M. Farhan, Mantan KaBAIS S. Ponto dan Deputy V KSP Jaleswari Pramodawardhani.

"Maka menjadi tugas Kemhan bersama sama KPK dan aparat terkait untuk menggunakan seluruh perangkat yang dimiliki untuk membuka siapa saja Mr. M dimaksud - bukan tugas seorang akademisi atau intelektual," tegas Connie dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Senin (10/5/2021).
 
Connie menilai pengungkapan Mr M atau Mdmme M dan Mr X atau Mdmme X serta siapa pun itu merupakan perkara mudah bila Kemhan dapat mengundang KPK untuk masuk dan menelisik tahapan dalam proses CADMID.

"Biarkan KPK melakukan tugasnya dengan baik sehingga siapapun yang bermain dapat benar benar terungkap dan terhentikan," ujarnya.
 
Lebih lanjut, Connie menjelaskan bahwa pemerintahan yang baik atau good governance memandatkan adanya transparansi, termasuk dalam sektor pertahanan yang mewajibkan Menteri Pertahanan dan Kementrian Pertahanan mampu melakukan transparansi dalam hal kebijakan anggaran.

Apalagi, dia mengingatkan bahwa kerahasiaan pertahanan bukan terletak pada anggaran, melainkan terletak pada strategi, pelatihan dan taktik perang yang menggunakan alutsista tersebut. Menurutnya, tanpa adanya transparansi anggaran akan sulit membangun kepercayaan karena dalam proses CADMID semua hal bisa terjadi.

"Contoh sinyalemen terbuka dari Komisi 1 DPR RI Bapak Tubagus Hasanudin tentang Rancangan Perpres dengan anggaran +/_ Rp 1760 Trilyun dalam modernisasi alutsista 2020 – 2024. Apakah sudah melalui tahapan yang benar? Sudahkah disetujui dan dipahami oleh pengguna (TNI) dan oleh Komisi 1? Karena jika benar alokasi PLN tersebut maka seluruh WN perlu mengetahu karena hal ini memiliki konsekuensi pembayaran utang LN yang sangat besar dan akan  menjadi beban negara dan WN," tegas Connie.
 
Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyarankan pengamat militer Connie Rahakundini Bakrie untuk mengungkap sosok Mr. M yang disebut sebagai mafia alutsista.

Juru Bicara Menteri Pertahanan Dahnil Anzar Simanjuntak mengatakan bahwa Prabowo sangat berterima kasih apabila Connie membuka tabir sosok yang dimaksud sebagai Mr. M tersebut. 

"Menteri Pertahanan Prabowo Subianto sangat berterimakasih bila Bu Connie menyebutkan dan membuka saja siapa Mafia yang dia sebut berinisial Mister M," katanya dalam keterangan tertulis, Minggu (9/5/2021) malam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

alutsista kemenhan prabowo subianto
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top