Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jokowi Tegaskan Pencarian KRI Nanggala-402 Masih Terus Dilakukan

Jokowi menyampaikan duka cita mendalam, mewakili seluruh rakyat Indonesia atas insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 25 April 2021  |  14:28 WIB
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas
Presiden Joko Widodo - Biro Pers Sekretariat Presiden/Lukas

Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan bahwa pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 yang dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4/2021), masih akan terus dilakukan.

“Segala upaya terbaik pencarian dan penyelamatan telah dan masih akan kita lakukan, untuk itu marilah semuanya kita memanjatkan doa dan harapan terbaik bagi 53 Patriot terbaik penjaga kedaulatan negara,” kata Jokowi dalam video yang diunggah kanal Youtube Sekretariat Presiden, Minggu (25/4/2021).

Jokowi juga turut menyampaikan duka cita mendalam, mewakili seluruh rakyat Indonesia atas insiden tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala-402.

“Duka tak hanya dirasakan keluarga para awak kapal selam. Musibah ini mengejutkan kita semua, tidak hanya keluarga 53 awak kapal, keluarga Hiu Kencana, maupun keluarga besar TNI AL, tapi juga seluruh rakyat Indonesia,“ kata Jokowi.

Sebelumnya, KRI Nanggala-402 dinyatakan putus kontak sejak Rabu (21/4/2021) kemungkinan tenggelam di perairan dekat Celukan Bawang, desa yang berada di wilayah utara Bali.

Pada Sabtu (24/4/2021), TNI Angkatan Laut kemudian menaikkan status hilangnya KRI Nanggala 402 dari submissed atau hilang kontak menjadi subsunk atau tenggelam.

TNI telah mengerahkan 21 kapal perang yang sebagian besar memiliki daya deteksi sonar untuk memetakan situasi di kedalaman dan dasar laut. TNI juga turut mendapat bantuan empat kapal dan satu unit alat deteksi bawah laut atau remote operation vehicle (ROV) dari polisi.

Badan SAR Nasional juga mengerahkan dua unit kapal dan satu ROV untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402 yang membawa 53 personel di dalamnya.

Bahkan, negara-negara sahabat, seperti Malaysia, Singapura, India, Australia, dan Amerika Serikat turut memberikan bantuan, baik berupa peralatan, kapal, maupun tenaga, untuk membantu pencarian KRI Nanggala-402.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi tni kapal selam KRI Nanggala 402
Editor : Fitri Sartina Dewi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top