Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Facebook Blokir Peretas yang Targetkan Uighur

Facebook menyatakan telah memberi tahu hampir 500 orang yang perangkatnya mungkin telah diretas.
Muslim Uighur di China/ dancingturtle.org
Muslim Uighur di China/ dancingturtle.org

Bisnis.com, JAKARTA - Facebook menyatakan telah mendeteksi dan memblokir sejumlah akun dari sekelompok peretas di Cina yang menggunakan platform jejaring sosial tersebut untuk mengawasi orang-orang Uighur yang tinggal di luar negeri.

Melansir Nippon Hoso Kyokai/NHK, Kamis (25/3/2021), Facebook mengungkapkan kelompok tersebut menargetkan para aktivis, jurnalis, serta pembangkang Uighur yang tinggal di luar negeri di negara-negara seperti Turki dan Amerika Serikat.

Dikatakan bahwa para peretas itu berpura-pura menjadi pelajar atau jurnalis dan membuat akun palsu di Facebook. Para peretas itu melakukan hal ini sebagai upaya menipu target mereka agar mengeklik tautan-tautan berbahaya untuk menyerang perangkat elektroniknya dengan peranti perusak atau malware agar bisa diawasi.

Facebook menyatakan telah memberi tahu hampir 500 orang yang perangkatnya mungkin telah diretas. Jejaring media sosial itu menyebutkan aktivitas peretasan tersebut memiliki ciri khas operasi yang persisten dengan sumber daya yang memadai serta pelaku yang disamarkan.

Selain itu, Facebook juga menyatakan mereka mengetahui beberapa cara perangkat yang terinfeksi grup tersebut termasuk membuat aplikasi bertema Uighur palsu untuk toko aplikasi Android, termasuk aplikasi doa dan aplikasi kamus.

Lalu, mereka berpose di Facebook sebagai jurnalis, pelajar, pembela hak asasi manusia atau anggota komunitas Uighur, membangun kepercayaan dan menipu mereka agar mengklik tautan berbahaya. Kemudian membuat situs web yang mirip untuk situs web berita Uighur dan Turki yang populer.

Terkait hal ini, Kedutaan Besar China di Washington belum berkomentar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rezha Hadyan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper