Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Waduh! Tangsel Kota Paling Terpolusi di Asia Tenggara Versi IQAir

Posisi kedua ditempati Kota Pai di Thailand yang mencatat rata-rata 53 PM2,5, lalu Bekasi Indonesia dengan level 48,1, dan tiga kota di lainnya di Thailand. Jakarta berada di urutan ketujuh.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 20 Maret 2021  |  14:08 WIB
Pekerja menyelesaikan proyek jalan layang (Flyover) Gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/4/2020). Flyover tersebut diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. - ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal
Pekerja menyelesaikan proyek jalan layang (Flyover) Gaplek di Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (30/4/2020). Flyover tersebut diharapkan membantu mengurai kemacatan yang kerap terjadi di kawasan tersebut. - ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Bisnis.com, JAKARTA — Udara di tiga kota di Indonesia masuk dalam 10 besar kota paling tercemar di Asia Tenggara, menurut laporan kualitas IQAir tahun 2020.

Seperti dikutip dari Bernama, Sabtu (20/3/2021) Tangerang Selatan di Provinsi Banten berada di tempat pertama.

Kota dengan populasi 1,8 juta ini mencatat tingkat PM2,5 rata-rata 74,9 sepanjang tahun 2020, jauh lebih tinggi daripada tingkat 10 yang direkomendasikan Organisasi Kesehatan Dunia.

Posisi kedua ditempati Kota Pai di Thailand yang mencatat rata-rata 53 PM2,5, lalu Bekasi Indonesia dengan level 48,1, dan tiga kota di lainnya di Thailand.

Jakarta tercatat sebagai kota denga udara paling tercemar ketujuh dengan skor rata-rata 39,6 PM2,5.

Laporan IQAir menyatakan bahwa kawasan ini menghadapi tantangan polusi udara yang disebabkan oleh ledakan populasi dan pertumbuhan ekonomi yang kuat.

Emisi PM2,5 di negara-negara Asia Tenggara terutama disebabkan oleh aktivitas konstruksi dan industri, serta transportasi.

PM adalah singkatan dari partikel (juga disebut polusi partikel), istilah untuk campuran partikel padat dan tetesan cairan yang ditemukan di udara berupa partikel, seperti debu, kotoran, jelaga, atau asap, berukuran besar atau cukup gelap untuk dilihat dengan mata telanjang.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

tangerang selatan polusi udara
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top