Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kemenkes Targetkan Calon Jemaah Haji Sudah Divaksin pada Mei 2021

Salah satu upaya persiapan yang dilakukan adalah dengan vaksinasi para calon jemaah haji dengan target rampung pada Mei 2021.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Agama serta pihak terkait lainnya terus melakukan upaya persiapan penyelenggaran ibadah haji 2021.

Sekretaris Jenderal Kemenkes Oscar Primadi menuturkan salah satu upaya persiapan yang dilakukan adalah dengan vaksinasi para calon jemaah haji dengan target rampung pada Mei 2021.

Oscar optimistis target itu bisa dicapai karena program vaksinasi bagi kelompok lansia telah berjalan sejak awal Maret 2021 dan saat ini masih terus dilakukan.

“Karena pemberiannya dua kali maka kita prediksi bahwa pada bulan April 2021, seluruh jemaah haji yang lansia, yang melunasi biaya perjalanan haji, Insya Allah telah menerima vaksinasi secara lengkap," kata Oscar dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI, Senin (15/3/2021).

Oscar juga menegaskan bahwa pemberian vaksinasi bagi lansia baik yang merupakan calon jemaah Haji maupun yang tidak, akan diperlakukan sama.

Artinya, hanya para lansia calon jemaah Haji yang memenuhi syarat kesehatan yang bisa divaksinasi.

Selain lansia, calon jemaah Haji yang bukan lansia masuk dalam kelompok rentan karena akan melakukan perjalanan jauh yakni perjalanan udara lebih dari tiga jam.

Pada kelompok ini, kata Oscar, vaksinasi akan dilakukan sesuai skema vaksinasi nasional yakni bagi masyarakat rentan yakni pada April hingga Mei 2021

“Merujuk pada skema di atas maka dapat dipastikan, Inshaallah, jemaah Haji Indonesia akan kita selesai vaksinasikan pada bulan Mei nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas memastikan pihaknya terus melakukan upaya diplomasi dengan pemerintah Arab Saudi ihwal penyelenggaraan ibadah Haji 1442H atau tahun 2021 meski dalam kondisi pandemi Covid-19.

Menag mengatakan hingga saat ini pemerintah Arab Saudi belum bisa memastikan apakah Rukun Islam kelima bisa diselenggarakan pada tahun ini.

“Kami terus melakukan berbagai upaya diplomasi dengan berbagai otoritas terkait di Arab Saudi antara lain dengan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk Indonesia, Menteri Urusan Haji dan Umroh, dan yang lainnya baik melalui tatap muka langsung atau video conference, telepon, dan surat,” kata Menag dalam Rapat Kerja Komisi VIII DPR RI, Senin (15/3/2021).

Namun, Menag mengaku optimistis bahwa pemerintah Arab Saudi akan menyelenggarakan Ibadah Haji pada tahun ini salah satunya karena vaksinasi Covid-19 telah dilakukan di sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper