Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menag: Pesantren Punya 3 Potensi untuk Kembangkan Ekonomi Umat

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tiga potensi itu menjadi fokus Kemenag untuk terus dioptimalkan di pondok pesantren atau ponpes.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 01 Maret 2021  |  08:00 WIB
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Setpres RI
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas / Dok. Setpres RI

Bisnis.com, JAKARTA - Pondok pesantren dinilai memiliki tiga potensi utama untuk meningkatkan kemandirian ekonomi umat atau masyarakat.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengatakan tiga potensi itu menjadi fokus Kemenag untuk terus dioptimalkan di pondok pesantren atau ponpes.

"Setidaknya ada tiga potensi besar yang dimiliki oleh pondok pesantren dalam perannya memandirikan ekonomi umat," tegas Menag, dikutip dari laman resmi Kemenag, Senin (1/3/2021).

Pertama, kata Menag Yaqut, potensi itu ada dalam diri santri. Pasalnya, jumlah santri disebut sangat signifikan di Indonesia. "Jumlah yang sangat banyak itu bisa menjadi modal luar biasa memandirikan umat," kata Menag Yaqut

Kedua, peran pondok pesantren sebagai penghubung masyarakat sekitar. Dia mencontohkan kehadiran Pesantren Motivasi Indonesia yang mampu memberikan dampak kepada masyarakat sekitar.

"Beberapa waktu lalu, Kiai NH sudah menceritakan kepada saya, bagaimana Pesantren Motivasi Indonesia ini bisa menjadi penghubung antara UMKM pesantren dengan pasar dan konsumen. Ini sangat luar biasa dan saya kira bisa menjadi contoh bagi yang lain," sambungnya.

Potensi ketiga adalah peran pesantren dalam pengumpulan zakat dan wakaf umat. Menag menjelaskan selama ini pesantren menjadi lembaga pendidikan yang dipercaya oleh masyarakat, termasuk dalam pengelolaan zakat dan wakaf.  

"Tiga potensi yang dimiliki ini sangat berpotensi untuk menciptakan kemandirian ekonomi pesantren dan membangun kekuatan ekonomi umat. Bila potensi ini dioptimalkan maka  kemandirian ekonomi tidak hanya menyejahterakan pesantren, tapi masyarakat sekitar," tandas Menag.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenag pesantren Yaqut Cholil Qoumas
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top