Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cek Fakta: Dosen di Makassar Meninggal Usai Divaksin Sinovac?

Komda KIPI Sulsel menyatakan bahwa Eha Soemantri meninggal setelah dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 pada 8 Februari 2021.
Poster Bersama Lawan Corona/Bisnis.com
Poster Bersama Lawan Corona/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Direktur Pascasarjana Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIK) Tamalatea Makassar Eha Soemantri dikabarkan meninggal dunia setelah divaksin Covid-19.

Kabar itu beredar di media sosial dengan narasi yang menyatakan Eha meninggal usai mengikuti program nasional vaksinasi Covid-19. Bahkan, sebuah unggahan di Youtube bahkan mengklaim hal tersebut menjadi bukti bahwa vaksin Sinovac tidak aman.

Dilansir dalam laporan hoaks Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kamis (25/2/2021), berdasarkan hasil penelusuran, informasi tersebut telah diklarifikasi oleh Komda KIPI Sulawesi Selatan pada Selasa (23/2/2021).

Dalam klarifikasinya, Komda KIPI Sulsel menyatakan bahwa Eha Soemantri meninggal setelah dinyatakan positif terkonfirmasi Covid-19 pada 8 Februari 2021.

Dalam kronologi disebutkan bahwa sebelumnya Eha Soemantri sudah mendapatkan suntik vaksinasi Covid-19 tahap 1 pada 14 Januari, lalu melakukan perjalanan ke Mamuju 5 hari sebelum vaksin tahap 2 yakni pada 28 Januari.

Kemudian, yang bersangkutan menunjukan gejala Covid-19 berupa demam dan sesak pada hari ke-3 setelah vaksinasi tahap 2 yakni pada 31 Januari.

"Sebagaimana yang juga dijelaskan oleh Komda KIPI Sulawesi Selatan, bahwa kekebalan tubuh baru terbentuk maksimal setelah 28 hari sejak vaksin pertama diberikan," demikian tertulis pada laporan Kemenkominfo.

Dengan demikian, pernyataan itu pun sekaligus membantah klaim yang menyebut bahwa Eha Soemantri meninggal akibat suntik vaksin, melainkan akibat Covid-19 yang menyerang pada masa kekebalan tubuh belum terbentuk secara maksimal.

Ustaz Maaher At-Thuwailibi

Sebelumnya, narasi serupa juga beredar di media sosial yang terkait dengan meninggalnya Ustaz Maaher At-Thuwailibi saat masih ditahan di Bareskrim Mabes Polri.  Isu yang beredar menyebutkan bahwa Ustaz Maaher alias Soni Eranata meninggal setelah disuntik vaksin Covid-19.

"Utdz Maheer At-Thuwailibi meninggal karena disuntik vaksi si Novac Cina, oleh Polisi Komunikas Indonesia (PKI)," demikian isu yang beredar di media sosial.

Kominfo menyebutkan berdasarkan penelusuran, klaim bahwa Ustaz Maaher meninggal karena diduntik vaksin Sinovac adalah keliru. Faktanya, Ustaz Maheer meninggal karena sakit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper