Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wapres Dorong Peradaban Islam di Masjid Istiqlal Usai Renovasi

Masjid merepresentasikan peradaban Islam bagi sebuah bangsa lewat berbagai peran seperti sebagai tempat pemerintahan, tempat pendidikan, tempat peristirahatan bahkan rumah sakit.
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @najwashihab
Wakil Presiden Ma'ruf Amin. JIBI/Bisnis-Nancy Junita @najwashihab

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mendorong Masjid Istiqlal agar menjadi pusat peradaban dan budaya Islam di Indonesia usai selesai renovasi pertamanya sejak 1978.

Wapres mengatakan fungsi masjid tidak terbatas sebagai tempat ibadah atau ritual keagamaan lainnya, tetapi juga menjadi simbol dan identitas umat Islam yang turut mewarnai dimensi sosial, ekonomi dan bahkan politik.

“Saatnya kini untuk mengembangkan perangkat lunaknya. Bagaimana menjadikan Masjid Istiqlal sebagai pusat gagasan dan gerakan pembangunan peradaban dan budaya Islam di Indonesia,” katanya dalam acara Milad Istiqlal ke-43, Senin (22/2/2021) malam.

Dia menyebut, masjid merepresentasikan peradaban Islam bagi sebuah bangsa lewat berbagai peran seperti sebagai tempat pemerintahan, tempat pendidikan, tempat peristirahatan bahkan rumah sakit.

Seperti halnya Masjid Sheikh Lutfullah di Isfahan Iran sebagai bukti peradaban Islam di Persia, Blue Mosque di Turki sebagai pusat madrasah pada masa Kesultanan Utsmaniyah di Eropa, dan Masjid Raya Xi’an sebagai bukti masuknya Islam di Asia Timur pada era Dinasti Ming.

Berbicara mengenai peradaban, Wapres kembali mengingatkan cara berpikir yang moderat dan dinamis menjadi penting untuk membangun peradaban Islam di Indonesia.

Sebaliknya, cara berpikir sempit dapat menjadi penyebab banyak negara berpenduduk muslim masih tergolong under developed country dan mengalami ketertinggalan dalam bidang ekonomi, pendidikan, iptek dan bidang lainnya.

“Tempat yang paling baik untuk melakukan penguatan cara berpikir wasathi [moderat] tersebut adalah masjid, karena tidak ada umat Islam yang lepas dari pengaruh masjid,” ungkapnya.

Wapres juga mengungkapkan apresiasinya atas dibangunnya Terowongan Silaturrahmi yang menghubungkan Masjid Istiqlal sebagai representasi Muslim dan Gereja Katedral sebagai representasi Nasrani. Menurutnya, itu bisa menjadi simbol toleransi.

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar mengungkapkan bahwa selama 42 tahun ini, baru sekarang Masjid Istiqlal baru direnovasi secara besar-besaran.

Tidak hanya bangunan, tetapi juga struktur kepengurusan, dan munculnya 41 program baru yang bertujuan untuk memaksimalkan fungsi Masjid Istiqlal dengan paradigma masjid dan umat saling memberdayakan satu sama lain.

“Kita berharap betul Istiqlal akan menjadi imam daripada peradaban dunia islam masa akan datang. Hal ini tentu kita bisa melihat, banyak faktor yang mendukung untuk hal itu,” tuturnya.

Masjid Istiqlal pertama kali dibangun pada 1978 atas inisiasi Presiden Soekarno. Renovasi yang dimulai sejak 2019 ini memakan biaya senilai Rp465 miliar.

Lingkup renovasi Masjid Istiqlal mencakup penataan kawasan, pekerjaan arsitektur, mechanical electrical plumbing, pekerjaan interior, dan signage.

Kawasan Masjid Istiqlal seluas 91.629 meter persegi dengan luas bangunan masjid sebesar 80.948 meter persegi memiliki daya tampung sebesar 200.000 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nindya Aldila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper