Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Gempa Jepang : 100 Orang Terluka, Ribuan Rumah Mati Lampu

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, tetapi gempa tersebut adalah yang terkuat yang melanda wilayah itu sejak 7 April 2011, kata Badan Meteorologi.
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi./Reuters
Grafik hasil pencatatan seismometer/seismograf, alat pencatat besaran gempa bumi./Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Gempa berkekuatan 7,3 skala Richter melanda Sabtu malam di lepas pantai Tohoku.

Sedikitnya 100 orang terluka di enam prefektur hanya beberapa minggu sebelum peringatan 10 tahun gempa bumi, tsunami dan bencana nuklir pada Maret 2011.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan, tetapi gempa tersebut adalah yang terkuat yang melanda wilayah itu sejak 7 April 2011, kata Badan Meteorologi.

Orang-orang dilaporkan terluka di prefektur Miyagi, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Saitama dan Chiba, tetapi tidak ada cedera serius yang dikonfirmasi.

Secara nasional, setidaknya 950.000 rumah kehilangan aliran listrik untuk sementara, tetapi sebagian besar telah teratasi pada Minggu pagi.

Gempa, yang juga dirasakan di Tokyo, di mana tercatat 4 skala Jepang, terjadi sekitar pukul 11:07, menurut Badan Meteorologi. Pusat gempa berada di lepas pantai Fukushima, sekitar 220 kilometer (135 mil) utara Tokyo. Fokusnya diperkirakan berada pada kedalaman sekitar 55 kilometer.

Perdana Menteri Yoshihide Suga mengatakan dalam pertemuan para menteri kabinet Minggu pagi bahwa tidak ada korban jiwa yang dilaporkan dalam gempa tersebut, tetapi mendesak kewaspadaan di tengah prospek gempa susulan lanjutan hingga 6 skala kuat di Jepang.

“Kami mengimbau masyarakat di daerah bencana untuk terus memperhatikan informasi dari entitas seperti pemerintah kota, waspada dan siap bertindak cepat serta mempertimbangkan perubahan cuaca lusa,” kata Suga dilansir dari Japan Times.

Lembaga penyiaran publik NHK mengatakan bahwa pemerintah akan membentuk kantor penghubung khusus untuk berkoordinasi dengan daerah yang terkena bencana.

Menteri Pertahanan Nobuo Kishi mengarahkan Pasukan Bela Diri untuk mengumpulkan informasi tentang cakupan kerusakan dan bersiap untuk segera merespons.

Kishi mengatakan kepada wartawan Minggu pagi bahwa SDF akan segera dikirim jika ada permintaan dari pemerintah kota setempat.

Pada konferensi pers Minggu pagi, seorang pejabat Badan Meteorologi mengatakan gempa susulan hingga 6 skala kuat di Jepang dapat terjadi setidaknya selama seminggu. Pejabat itu mengatakan gempa hari Sabtu itu diyakini sebagai gempa susulan dari Gempa Bumi Besar Jepang Timur yang melanda wilayah yang sama pada 11 Maret 2011.

“Karena (gempa tahun 2011) adalah gempa yang sangat besar dengan kekuatan 9,0, tidak mengherankan jika terjadi gempa susulan dalam skala ini 10 tahun kemudian,” kata Kenji Satake, seorang profesor di Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo.

Gempa tersebut mencatatkan 6 gempa kuat di bagian selatan Miyagi, dan di wilayah tengah Nakadori dan pesisir Hamadori di Fukushima, kata Badan Meteorologi.

Pemadaman listrik telah dilaporkan di beberapa bagian prefektur Fukushima, Miyagi, Iwate, dan Tochigi, menurut laporan media. Tokyo Electric Power Co. Holdings telah melaporkan pemadaman listrik di beberapa prefektur pada Minggu pagi.

?Tidak ada kelainan yang awalnya terdeteksi di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima No. 1 dan 2, menurut Tokyo Electric Power, tetapi surat kabar Sankei kemudian melaporkan air di kolam bahan bakar bekas di reaktor 5 dan 6 bangunan pabrik No. 1 sebagian telah tumpah. lebih. Tumpahan terbatas di dalam gedung.

Sementara itu, pembangkit listrik tenaga nuklir Tokai No. 2 yang tidak aktif dari Japan Atomic Power Co. di desa Tokai di Prefektur Ibaraki dan pembangkit nuklir Onagawa milik Tohoku Electric Power Co. di Prefektur Miyagi keduanya melaporkan tidak ada kelainan, menurut operator mereka.

Setelah gempa, JR East menghentikan sementara operasi jalur shinkansen Tohoku, Joetsu dan Hokuriku. Terjadi pemadaman listrik di beberapa bagian. Tanah longsor menutupi bagian dari Jalan Tol Joban di Soma, Prefektur Fukushima, kata para pejabat, tetapi tidak ada kendaraan yang ditemukan terjebak.

?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper