Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jack Ma Dicoret dari Daftar Pengusaha Teknologi versi Media China, Ada Apa Nih?

Alih-alih, surat kabar resmi China itu mengangkat Pony Ma sebagai pengusaha yang mengubah era seluler melalui Tencent Holdings Ltd.
Reni Lestari
Reni Lestari - Bisnis.com 03 Februari 2021  |  10:21 WIB
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa
Pendiri Alibaba Jack Ma menjadi pembicara di sela-sela Pertemuan Tahunan IMF - World Bank Group 2018 di Bali Nusa Dua Convention Center, Nusa Dua, Bali, Jumat (12/10/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Jack Ma secara mencolok absen dari daftar wirausaha top China yang diterbitkan oleh media pemerintah kemarin. Hal itu menggarisbawahi bagaimana pendiri Alibaba yang ikonik itu bertentangan dengan Beijing.

Ma, yang dihormati di negaranya karena menciptakan beberapa perusahaan terbesar di negaranya, tidak masuk di halaman depan Shanghai Securities News yang memuat tokoh-tokoh teknologi terkemuka negara itu.

"Satu generasi pengusaha China muncul dari struktur kaku sistem ekonomi lama kita, dengan keinginan untuk keluar dari kemiskinan dan hasrat untuk mencapai ambisi bisnis," tulis surat kabar tersebut, yang didukung oleh Kantor Berita resmi Xinhua, dilansir Bloomberg, Rabu (3/2/2021).

"Mereka telah menghembuskan kehidupan baru ke dalam reformasi ekonomi China."

Alih-alih, surat kabar resmi China itu mengangkat Pony Ma sebagai pengusaha yang mengubah era seluler melalui Tencent Holdings Ltd. Dalam daftar itu ada pula Ketua BYD Co. Wang Chuanfu, salah satu pendiri Xiaomi Corp. Lei Jun dan Ren Zhengfei dari Huawei Technologies Co.

Editorial singkat itu terbit pada hari yang sama Alibaba Group Holding Ltd. dijadwalkan untuk merilis pendapatan. Sebelumnya, Beijing telah meluncurkan sebuah kampanye untuk membatasi pertumbuhan kekuatan perusahaan teknologi swasta di hampir setiap aspek kehidupan China, seperti yang dicontohkan oleh layanan pesan WeChat di mana-mana. Saham Tencent dan Xiaomi naik lebih dari 2 persen kemarin.

Miliarder itu membuat komentar publik pertamanya pada Januari lalu sejak menghilang dari pandangan publik akhir tahun lalu.

Komentarnya mengenai reformasi industri keuangan telah memicu reaksi pemerintah untuk menggagalkan rekor penawaran umum perdana Ant senilai US$35 miliar dan mendorong penyelidikan terhadap raksasa e-commerce miliknya. Banyak hal tentang masa depan pengusaha China yang paling dikenal dan vokal masih belum jelas.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teknologi china jack ma
Editor : Hadijah Alaydrus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top