Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polisi China Tangkap 80 Orang Lebih Pemalsu Vaksin Covid-19 Berisi Garam

Vaksin palsu dibuat dengan memasukkan garam ke dalam jarum suntik.
Vaksin Sinovac/ugm.ac
Vaksin Sinovac/ugm.ac

Bisnis.com, JAKARTA - Polisi China menangkap lebih dari 80 orang dan menyita 3.000 dosis palsu vaksin Covid-19 sebagai bagian dari kampanye untuk memerangi kejahatan terkait vaksin, menurut kantor berita Xinhua.

Tersangka telah melakukan tipu muslihat setidaknya sejak September tahun lalu, menurut laporan Xinhua seperti dikutip ChannelNewsAsia.com, Selasa (2/2/2021).

Disebutkan bahwa semua dosis palsu telah dilacak.

Vaksin palsu dibuat dengan memasukkan garam ke dalam jarum suntik, katanya. Para tersangka mungkin bermaksud untuk mengirim vaksin ke luar negeri, menurut surat kabar Global Times yang didukung pemerintah mengutip sumber yang dekat dengan produsen vaksin utama China.

Operasi polisi itu dilakukan oleh polisi di berbagai tempat termasuk Beijing, Shanghai dan provinsi timur Shandong, tulis Xinhua.

Negara-negara di seluruh dunia telah meluncurkan program vaksin dengan harapan mengakhiri pandemi Virus Corona selama setahun.

Di tengah kebingungan masyarakat dan pemerintah untuk menghadapi pandemi Virus Corona, memang ada pihak tertentu yang mencari keuntungan untuk diri mereka sendiri. Sebuah kasus penipuan melalui situs web juga pernah terungkap di Amerika pada tahun lalu.

Sebuah situs web mengklaim sebagai organisasi kesehatan dunia yang sedang memberikan kit vaksin kepada para korban.

Akan tetapi, pelaku meminta korban untuk membayar biaya pengiriman yang sebenarnya ingin mencari informasi kartu kredit milik korban.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper