Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Apa Sih Manfaat Vaksinasi Covid-19? Perhatikan Tiga Hal Ini

Vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.
Saeno
Saeno - Bisnis.com 26 Januari 2021  |  16:41 WIB
Presiden Joko Widodo (kiri) saat disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). - Youtube/BPMI
Presiden Joko Widodo (kiri) saat disuntik dosis pertama vaksin Covid-19 oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Abdul Mutalib (kanan) di beranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (13/1/2021). - Youtube/BPMI

Bisnis.com, JAKARTA - Hingga saat ini tidak ada vaksin yang diklaim memiliki kemanjuran hingga 100 persen. Jika demikian, mengapa vaksinasi Covid-19 diperlukan?

Dikutip dari covid19.go.id, vaksinasi Covid-19 bertujuan untuk melindungi dan memperkuat sistem kesehatan secara menyeluruh, juga menjaga produktivitas dan mengurangi dampak sosial dan ekonomi masyarakat.

Seperti diketahu, vaksinasi adalah prosedur untuk memasukkan vaksin ke dalam tubuh. Hal tersebut dilakukan untuk memicu sistem imun tubuh, sehingga ada imunitas terhadap suatu penyakit tertentu.

Vaksinasi Covid-19 dilakukan setelah kepastian keamanan dan keampuhannya diketahui. Vaksinasi Covid-19 merupakan upaya untuk menurunkan kesakitan dan kematian serta mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity).

Mengutip alodokter.com, situs dppkbpmd.bantulkab.go.id mengunggah manfaat vaksin Covid-19.

Disebutkan bahwa  pemberian vaksin merupakan salah satu upaya yang dinilai paling efektif untuk mengatasi pandemi Covid-19.

Vaksinasi dilaksanakan untuk melengkapi upaya pencegahan penyakit Covid-19, seperti memakai masker, mencuci tangan, juga menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Penting digarisbawahi bahwa vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri.

Tujuan vaksinasi adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

"Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi," tulis situs tersebut.

Vaksin Covid-19 yang sudah tiba di Indonesia berisi virus Corona (SARS-CoV-2) yang sudah dimatikan. Dengan mendapatkan vaksin Covid-19, seseorang bisa memiliki kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu.

Berikut sejumlah manfaat yang bisa diperoleh dengan adanya vaksinasi Covid-19:

Pertama, menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat Covid-19.

Vaksin Covid-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko seseorang untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.

Jika seseorang yang sudah divaksin tertular Covid-19, vaksin bisa mencegah terjadinya gejala yang berat dan komplikasi. Dengan begitu, jumlah orang yang sakit atau meninggal karena COVID-19 akan menurun.

Kedua, mendorong terbentuknya herd immunity.

Orang-orang yang telah divaksin tidak hanya melindungi dirinya sendiri. Setelah divaksin mereka juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia.

Hal itu bisa terjadi karena kemungkinan orang yang sudah divaksin menularkan virus Corona sangatlah kecil.

Bahkan, bila diberikan secara massal, vaksin Covid-19 juga mampu mendorong terbentuknya kekebalan kelompok (herd immunity) dalam masyarakat.

Dengan vaksinasi massal tersebut, orang yang tidak bisa mendapatkan vaksin, seperti bayi yang baru lahir, lansia, atau penderita penyakit autoimun, bisa mendapatkan perlindungan dari orang-orang di sekitarnya.

Untuk mencapai herd immunity,  minimal 70 persen penduduk dalam suatu negara harus sudah divaksin.

Ketiga, meminimalkan dampak ekonomi dan sosial.

Diakui atau tidak, wabah Covid-19 berdampak pada kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat. Kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat terganggu selama pandemi.

Dengan vaksinasi, yang selanjutnya diharapkan terbentuk kekebalan kelompok, aktivitas sosial ekonomi diharapkan bisa kembali pulih.

Edukasi Publik

Terkait manfaat vaksinasi, berdasar penjelasan di situs covid19.go.id, edukasi publik menjadi masalah yang perlu dilakukan.

Satgas Satgas Penanganan Covid-19 menilai bahwa memberi pemahaman akan manfaat vaksin Covid-19 kepada masyarakat, jauh lebih penting daripada menjatuhkan sanksi.

Dengan pemahaman masyarakat yang baik terhadap vaksin, upaya untuk mencapai kekebalan komunitas atau herd immunity akan lebih mudah. 

"Sebelum menjatuhkan sanksi atau denda, kita harus membuat masyarakat mengerti. Karena ini adalah kunci keberhasilan herd immunity. Jika kita divaksinasi, maka kita bisa melindungi yang lain begitupun sebaliknya," jelas Jubir Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam International Media Briefing secara daring di Gedung BNPB, Kamis (14/1/2021). 

Dengan memahami pentingnya vaksinasi Covid-19, maka masyarakat juga dapat ambil bagian dalam upaya melindungi diri sendiri dan juga negaranya.

Satgas Penanganan Covid-19, ujar Wiku, akan terus menginformasikan kepada masyarakat tentang perkembangan vaksinasi di Indonesia. 

Di sisi lain, Satgas juga menyadari adanya sekelompok kecil masyarakat yang menyangsikan manfaat vaksin Covid-19.

Hal ini bisa disebabkan pandemi Covid-19 adalah suatu hal yang baru, dan masyarakat belum siap menghadapinya.

Masyarakat juga tidak tahu apa yang sebenarnya sedang terjadi dan kenapa harus adanya program vaksinasi.

Seperti diketahui, vaksinasi adalah salah satu bentuk intervensi medis untuk melindungi masyarakat dari terpapar virus Covid-19.

"Itulah kenapa pentingnya mengedukasi masyarakat secara konsisten dan terus menerus, dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat, dan kami berupaya untuk membuat masyarakat memahami, bahwa untuk melindungi seluruh penduduk kita harus mencapai herd immunity," lanjut Wiku. 

Nah, Anda mau kan bersama-sama membangun herd immunity?

 

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Vaksin Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top