Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sukses UTBK Ala Zenius dengan Metode Spaced Repitition

Siswa yang menerapkan prinsip pembelajaran aktif dan metode "spaced repetition" diklaim memiliki peluang lebih besar untuk lulus Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).rn javascript:;
Rika Anggraeni
Rika Anggraeni - Bisnis.com 25 Januari 2021  |  18:56 WIB
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 di Universitas Airlangga Surabaya. - Antara\n\n
Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2020 di Universitas Airlangga Surabaya. - Antara\\n\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Perusahaan pendidikan berbasis teknologi PT Zenius Education menemukan bahwa siswa yang menerapkan prinsip pembelajaran aktif dan metode "spaced repetition" memiliki peluang lebih besar untuk lulus Ujian Tertulis Berbasis Komputer (UTBK).
 
Temuan ini berdasarkan hasil survei yang dilakukan lebih dari 15.000 pengguna Zenius yang dinyatakan lulus UTBK pada Juli 2020.
 
"Kami menemukan bahwa sekitar 80 persen dari 15.000 pengguna Zenius yang lulus UTBK Juli lalu telah menggunakan metode pembelajaran aktif," kata CEO Zenius Rohan Monga, Senin (25/1/2021).
 
Rohan juga mengatakan bahwa rata-rata dari siswa pengguna Zenius menjawab sekitar 400 pertanyaan atau sekitar 13 pertanyaan per video konsep yang ada di Zenius.
 
Adapun metode belajar "spaced repetition" adalah strategi manajemen waktu yang mendorong pembelajaran yang singkat dan kuat dengan jeda yang cukup alih-alih belajar di sesi 3-4 jam yang panjang.
 
Zenius juga menemukan bahwa siswa yang menerapkan metode belajar serupa, di mana mereka belajar selama kurang lebih 20 menit selama dua kali sehari selama tiga kali seminggu, memiliki peluang lebih besar untuk lolos UTBK.
 
Seperti diketahui, UTBK menguji soal keterampilan kognitif, penalaran kuantitatif, dan keterampilan berpikir kritis setiap siswa. Dengan kata lain, pemahaman konseptual yang mendalam akan memainkan peran yang lebih besar dalam menentukan keberhasilan siswa dibandingkan dengan hafalan.
 
Prinsip utama yang digunakan dalam pembelajaran aktif, yaitu melakukan sesuatu seperti berdiskusi dengan teman daripada hanya membaca buku atau menghafal pelajaran.
 
Lebih lanjut, pembelajaran aktif mengacu pada metode pembelajaran yang berfokus pada pengembangan keterampilan siswa, yakni melalui interaksi dan eksplorasi materi pembelajaran yang lebih tinggi.
 
Dengan melibatkan diri dalam berinteraksi, siswa dapat memperkuat pemahaman dasar mereka dan mampu menghubungkan materi yang baru dipelajari dengan apa yang mereka dapat sebelumnya secara lebih mendalam.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

SNMPTN sbmptn UTBK
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top