Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gawat! Kapal China Diduga Lakukan Pemetaan Bawah Laut di Samudra Hindia

Kapal survei Xiang Yang Hong diduga mengoperasikan glider bawah air di Samudra Hindia untuk memetakan dasar laut.
Zufrizal
Zufrizal - Bisnis.com 22 Januari 2021  |  15:35 WIB
Lokasi survei yang dilakukan kapal di China di Samudra Hindia yang tertangkap satelit. - Istimewa/www.defenceaviationpost.com
Lokasi survei yang dilakukan kapal di China di Samudra Hindia yang tertangkap satelit. - Istimewa/www.defenceaviationpost.com

Bisnis.com, JAKARTA — Intelijen sumber terbuka mengungkapkan bahwa sebuah kapal survei milik Pemerintah China, Xiang Yang Hong 03, saat ini sedang beroperasi di Samudra Hindia dan melakukan pola pencarian di barat Sumatra.

Kapal yang sama ini pekan lalu dituduh 'kabur', yakni beroperasi tanpa menyiarkan posisinya di perairan Indonesia. Kapal survei Xiang Yang Hong diduga mengoperasikan glider bawah air di Samudra Hindia untuk memetakan dasar laut.

“Kecurigaannya adalah selain melakukan penelitian sipil, kapal-kapal ini mungkin mengumpulkan informasi untuk angkatan laut [arus, batimetri, salinitas air] yang semuanya relevan dengan peperangan kapal selam,” kata H.I. Sutton, analis pertahanan dan open source intelligence (OSINT) kepada ThePrint seperti dikutip dari www.defenceaviationpost.com, Jumat (22/1/2021).

Dia menambahkan bahwa data hidrografi merupakan agnostik pertahanan sipil, yang artinya dapat digunakan baik untuk keperluan sipil maupun militer.

“Samudra Hindia bagian timur kemungkinan akan menjadi perhatian khusus Angkatan Laut China karena mereka memperluas kemampuan kapal selam mereka. Data dari survei ini dapat membantu navigasi kapal selam atau meningkatkan peluang mereka untuk tetap tidak terdeteksi,” kata Sutton.

Dalam sebuah artikel yang diterbitkan di NavalNews, Sutton menulis bahwa beberapa kegiatan survei, yang lebih dekat ke Indonesia dan Pulau Andaman dan Nicobar, dapat berhubungan dengan penemuan jaringan sensor 'kail ikan' milik Angkatan Laut AS.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

china Drone
Editor : Zufrizal

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top