Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hadiri Pelantikan Biden, 3 Mantan Presiden AS Kenakan Masker

Seperti Carter, Donald Trump juga memutuskan untuk tidak hadir.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Januari 2021  |  00:19 WIB
Mantan Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama tiba di Gedung US Capitol untuk menghadiri pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS, Rabu (20/1/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita
Mantan Presiden AS Barack Obama dan Michelle Obama tiba di Gedung US Capitol untuk menghadiri pelantikan Joe Biden sebagai Presiden AS, Rabu (20/1/2021). JIBI - Bisnis/Nancy Junita

Bisnis.com, JAKARTA - Salah satu hal yang diterapkan pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk pelantikan Joe Biden adalah kewajiban memakai masker.

Hal itu berlaku untuk siapapun, tak terkecuali Joe Biden dan Kamala Harris yang akan dilantik hari ini. Alhasil, para mantan Presiden Amerika pun hadir menggunakannya. Pada masa Donald Trump, aturan itu cenderung diabaikan.

Untuk pelantikan Joe Biden hari ini, Rabu (20/1/2021) waktu setempat, ada tiga mantan Presiden Amerika yang hadir. Mereka adalah Bill Clinton, George W. Bush, dan Barack Obama.

Mereka hadir di lokasi pelantikan sesuai urutan pemerintahan mereka. Adapun ketiganya sudah hadir sejak pukul 10.30 waktu setempat.

Mantan Presiden Jimmy Carter memutuskan untuk tidak hadir. Tahun lalu, ia mengatakan bahwa ketidakhadirannya karena alasan kesehatan. Walau begitu, dirinya mendoakan yang terbaik untuk Joe Biden serta Kamala Harris.

Seperti Carter, Donald Trump juga memutuskan untuk tidak hadir. Donald Trump tidak pernah menyatakan apa alasannya. Beberapa pihak menduga hal itu berkaitan dengan kerusuhan di US Capitol di mana Donald Trump diyakini terlibat.

Kurang lebih 2,5 jam sebelum pelantikan Joe Biden dimulai, Donald Trump memberikan ucapan perpisahan termasuk mendoakan penerusnya itu. Donald Trump yakin pemerintahan Joe Biden akan sukses, salah satunya berkat kebijakan-kebijakan yang ia tinggalkan.

"Saya mendoakan administrasi yang baru agar sukses. Saya rasa mereka akan sukses. Mereka punya fondasi yang bagus," ujar Donald Trump, tanpa menyebut nama Joe Biden, dari Joint Base Andrews, Maryland.

Meski Donald Trump tidak hadir, Wakil Presiden Mike Pence hadir mewakili administrasinya. Ia diundang oleh Joe Biden yang mengaku senang Donald Trump tidak akan hadir.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

amerika serikat Joe Biden

Sumber : Tempo.Co

Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top