Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fenomena Awan Mirip Gelombang Tinggi Muncul di Bandara Yogyakarta

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo Aris Widiatmoko mengungkapkan awan tersebut pertama kali terlihat di pesisir Kulonprogo sekitar pukul 07.30 WIB.
Penampakan awan pekat di Bandara
Penampakan awan pekat di Bandara

Bisnis.com, JAKARTA —Awan tebal nan pekat muncul di langit sekitar Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kapanewon Temon, Kulonprogo, Jumat (15/1/2021). Fenomena alam ini jadi perhatian masyarakat setempat karena dianggap aneh.

Koordinator Satlinmas Rescue Istimewa Wilayah V Kulonprogo Aris Widiatmoko mengungkapkan awan tersebut pertama kali terlihat di pesisir Kulonprogo sekitar pukul 07.30 WIB. Kemudian semakin mendekati daratan di wilayah Temon dan sekitarnya, termasuk area YIA.

Menurut Aris, kemunculan awan berwarna keabu-abuan itu disertai hujan dan angin. "Sempat turun hujan dan angin, tapi cuma sebentar, sekitar pukul 08.00 WIB, awan sudah hilang dan sampai sekarang kondisi di pesisir cerah," ungkapnya dikutip dari Harian Jogja.

Menurut Aris, awan ini sempat jadi perhatian masyarakat. Tak sedikit warga di pesisir mengabadikan momen tersebut baik berupa foto maupun video karena dianggap tidak biasa.

"Warga alhamdulilah tidak panik, hanya memang sebagian besar itu mengabadikan momen bentuk mendung yang tidak biasa tadi," ujarnya.

Dari banyak video yang tersebar di sosial media, beberapa menunjukkan kondisi langit di atas YIA. Terlihat awan mendung tebal memanjang dari arah barat ke timur. Sekilas bentuknya mirip ombak.

Aris menjelaskan kemunculan awan ini sebenarnya sudah diprediksi oleh BMKG. Berdasarkan informasi BMKG yang ia peroleh, sebelum awan itu muncul, ada pergerakan awan dari laut selatan DIY dan sebagian wilayah Purworejo menuju ke utara.

"Dari informasi BMKG memang sudah ada pergerakan mendung sejak pukul 07.10 WIB," tuturnya.

Airport Operation and Service Senior Manager PT Angkasa Pura (AP) 1, Nyoman Noer Rohim, mengatakan fenomena alam yang muncul di langit sekitar bandara YIA itu tidak memengaruhi jadwal penerbangan. Sebab kemunculan awan itu sebelum dimulainya jadwal penerbangan.

Video kemunculan awan pekat itu juga diabadikan oleh pengguna twitter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper