Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Sandiaga Uno Pamer 'Toilet' Moto GP Mandalika: Terbaik se-Indonesia

Sandiaga Salahuddin Uno; didampingi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah serta Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer mengunjungi toilet unggulan ITDC.
Edi Suwiknyo
Edi Suwiknyo - Bisnis.com 16 Januari 2021  |  17:46 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12 - 2020). / Istimewa
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno bertemu dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan di Bali, Minggu (27/12 - 2020). / Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Mandalika, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Sabtu (15/1/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Salahuddin Uno; didampingi Gubernur NTB, Zulkieflimansyah serta Direktur Utama Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Abdulbar M Mansoer mengunjungi toilet unggulan ITDC.

Fasilitas yang dibangun untuk mendukung ajang balap sepeda motor kelas dunia, Moto GP itu didapuk sebagai toilet pariwisata terbaik se-Indonesia. 

"Jadi ini toilet pariwisata terbaik se-Indonesia," ungkap Sandi dalam keterangan resminya, Sabtu (16/1/2021).

Sementara itu, Dirut ITDC yang kerap disapa Berry, menjelaskan toilet didesain oleh seorang arsitek bernama Hadi Purnomo. Arsitek itu katanya merupakan sosok pria yang membangun Kantor Bupati Banyuwangi dan banyak memenangkan penghargaan. 

Sehingga, tidak hanya desain yang modern dan artistik, toilet katanya juga dilengkapi dengan beragam fasilitas fungsional bagi masyarakat. Seperti adanya ruang ganti baju yang dilengkapi dengan loker.

"Jadi kalau kita lihat nggak seperti toilet ya, di sini juga kita siapkan loker, jadi ibu-ibu masuk (toilet), keluar sudah dalam keadaan bersih untuk ganti baju," ungkapnya. 

Selain ruang ganti baju, Berry menerangkan toilet memiliki fasilitas bilas atau shower yang terdapat di luar ruangan dan di dalam ruangan. 

Masyarakat katanya dapat memilih untuk bilas di luar ruangan atau di dalam ruangan. Begitu juga dengan fasilitas toilet khusus disabilitas yang dilengkapi dengan beragam perlengkapan sanitary bagi difabel.

"Kita siapkan fasilitas shower (kamar mandi), kalau untuk bule-bule (wisatawan mancanegara) di luar, tapi kalau kita (wisatawan lokal) ada di dalam juga. Dan juga kita ada (toilet) disable-disabilitas," jelas Berry sembari menunjukkan toilet khusus difabel. 

Kelengkapan yang terdapat dalam toilet mendapatkan apresiasi dari Sandi. Sebab, bukan hanya sesuai dengan standar pariwisata internasional, toilet dinilainya ramah lingkungan serta ramah disabilitas.

"Jadi juga ada akses untuk temen-temen dari kaum disabilitas. Jadi sudah sesuai dengan standar ramah lingkungan dan ramah disabilitas," ungkap Sandi. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kemenparekraf sandiaga uno KEK Mandalika
Editor : Edi Suwiknyo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top