Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Menlu China Bakal Bertemu dengan Presiden Jokowi Hari Ini, Bahas Apa Ya?

Pertemuan kedua negara akan membahas perihal peningkatan kerja sama strategis di bidang ekonomi.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 13 Januari 2021  |  08:38 WIB
Menteri Luar Negeri China Wang Yi - Reuters
Menteri Luar Negeri China Wang Yi - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam kunjungannya ke Indonesia, Menteri Luar Negeri China Wang Yi dijadwalkan bertemu dengan Presiden Jokowi dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta hari ini, Rabu (13/1/2021).

Pertemuan kedua negara akan membahas perihal peningkatan kerja sama strategis di bidang ekonomi.

"Bapak Wang Yi akan diterima oleh Bapak Presiden RI dan mendengar langsung harapan Bapak Presiden terhadap kerja sama strategis kedua negara yang telah terjalin selama ini" ujar Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Selasa (12/1/2021).

Kerja sama yang dimaksud meliputi bidang maritim, investasi dan perdagangan, pelatihan vokasi, serta pengentasan kemiskinan di daerah pesisir. Wang Yi telah berada di Indonesia sejak 12 Januari, namun lebih dulu menyambangi Danau Toba di Sumatera Utara sebelum terbang ke Jakarta.

Kunjungan Wang Yi ke Danau Toba sedianya berlangsung pada Februari 2020. Namun, rencana itu tertunda karena pandemi Covid-19.

Bersama beberapa delegasinya, Wang Yi sempat melakukan kegiatan hiking dan mengunjungi beberapa tempat historis yang berada di sekitar destinasi super-prioritas itu. Kedatangan Wang Yi di Danau Toba sekaligus untuk memenuhi undang Luhut.

Selain Indonesia, Wang Yi bertamu beberapa negara di Asia Tenggara. Wang Yi memiliki jadwal menyambangi Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina untuk safari kenegaraan.

"Kedatangan sahabat saya, Bapak Wang Yi ke Danau Toba ini diharapkan dapat mengembangkan kerja sama yang baik dan berkelanjutan antar-kedua negara," kata Luhut.

Kunjungan ke Indonesia merupakan bagian dari safari yang dilakukan Menlu China Wang Yi ke beberapa negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Indonesia, Brunei Darussalam, dan Filipina.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi china

Sumber : Tempo

Editor : Hadijah Alaydrus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top