Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Survei: 41 Persen Anak Muda Hong Kong Enggan Divaksin

Selain itu, hampir 90 persen responden tidak senang dengan penanganan pemerintah terhadap pandemi Covid-19, dengan sekitar 55 persen mengatakan langkah-langkah yang diambil oleh pihak berwenang terlalu longgar.
Warga Hong Kong membawa tas belanja dari sebuah department store ternama di Hong Kong, China, Sabtu (30/5/2020)./Bloomberg-Ivan Abreu
Warga Hong Kong membawa tas belanja dari sebuah department store ternama di Hong Kong, China, Sabtu (30/5/2020)./Bloomberg-Ivan Abreu

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak anak muda Hong Kong khawatir tertular virus corona, tetapi survei menyatakan dua dari lima mengatakan mereka tidak bersedia disuntik vaksin Covid-19.

Survei oleh kelompok Youth New World menemukan bahwa sekitar 41 persen pemuda Hong Kong keberatan untuk divaksinasi.

Sedangkan hampir 90 persen responden tidak senang dengan penanganan pemerintah terhadap pandemi Covid-19, dengan sekitar 55 persen mengatakan langkah-langkah yang diambil oleh pihak berwenang terlalu longgar.

Youth New World yang melayani keluarga berpenghasilan rendah dan anak-anak mereka, mewawancarai 412 warga Hongkong berusia di bawah 30 antara tanggal 23 dan 31 Desember sebagai bagian dari jajak pendapat online.

Hanya 8 persen yang mengatakan bahwa mereka pasti akan mendapatkan suntikan, sementara 37 persen lainnya mungkin akan melakukannya. Sekitar 14 persen tidak berkomentar.

Tiga alasan teratas yang dikutip oleh mereka yang tidak ingin disuntik adalah keraguan atas efektivitas, kekhawatiran tentang efek samping dan tidak ada pilihan produsen vaksin yang akan dipakai. Namun sekitar 6 persen percaya mereka tidak akan tertular virus.

Wakil ketua Youth New World Charles Tang Wing-yiu meminta pemerintah untuk lebih transparan dalam skema vaksinasi untuk mengatasi masalah ini.

"Pada dasarnya, ini adalah masalah kepercayaan. Banyak anak muda telah mengambil sikap menunggu dan melihat dalam mengambil vaksin. Seperti banyak orang lainnya, mereka mengkhawatirkan keamanan vaksin," kata Tang dilansir South China Morning Post, Senin (4/1/2021).

Dia melanjutkan, pemerintah harus merilis informasi yang lebih benar, ilmiah, dan terkini kepada publik untuk mengatasi skeptisisme dan kecurigaan.

Sementara itu, Pemerintah Hong Kong mengatakan warga diperkirakan mulai akan menerima suntikan vaksin paling cepat bulan depan. Menteri layanan sipil Patrick Nip Tak-kuen, yang bertanggung jawab atas program tersebut, mengatakan kelompok prioritas bisa mendapatkan suntikan gratis di panti jompo, rumah sakit dan pusat vaksinasi umum.

Dia juga mengatakan pemerintah akan meningkatkan pendidikan publik untuk mengatasi kekhawatiran tentang vaksin.

Pemerintah telah menandatangani perjanjian dengan raksasa farmasi China Sinovac Biotech dan BioNTech Jerman dan Fosun Pharma untuk mendapatkan suntikan. Mereka juga memesan vaksin yang diproduksi oleh AstraZeneca bekerja sama dengan Universitas Oxford. Pemerintah akan mengizinkan warga untuk memilih vaksin sesuai keinginannya.

Sekitar 69 persen dari responden survei menunjukkan bahwa mereka "sangat khawatir" atau "cukup khawatir" tertular virus. Sedangkan sebanyak 87 persen mengatakan mereka tidak senang dengan kinerja pemerintah dalam memerangi pandemi. Hanya 5 persen yang mengatakan bahwa mereka "cukup senang" dengan tindakan tersebut, sementara tidak ada yang menyatakan "sangat senang."

Sekitar 55 persen mengatakan langkah-langkah untuk memerangi pandemi "terlalu longgar" di Hong Kong, sementara hanya 12 persen yang menilai "layak" dan 4 persen lainnya mengatakan mereka "terlalu membatasi".

Tindakan yang paling didukung adalah mewajibkan kedatangan untuk dikarantina di hotel yang ditunjuk, sementara yang paling tidak didukung adalah aplikasi paparan risiko Covid-19 "Tinggalkan Rumah dengan Aman".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper