Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sandiaga Uno Gandeng Kemenkes Pulihkan Pariwisata Nasional

Sektor pariwisata diharapkan bangkit lewat penerapan protokol kesehatan K4, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability) .
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Minggu (27/12/2020) / Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekraf
Menparekraf Sandiaga Uno bertemu Gubernur Bali I Wayan Koster, Minggu (27/12/2020) / Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekraf

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut salah satu syarat untuk memulihkan pariwisata nasional adalah peningkatan kedisiplinan untuk melaksanaan protokol kesehatan.

Oleh karena itu dia  kembali mengundang sekaligus berdiskusi dengan Menteri Kesehatan (Menkes) Republik Indonesia, Budi Gunadi Sadikin di Jenggala Kebayoran Baru, Jakarta Selatan pada Jumat (1/1/2021) siang. 

Mantan calon Wakil Presiden itu mengatakan bahwa lewat protokol kesehatan K4, yakni Kebersihan, Kesehatan, Keamanan, dan Kelestarian Lingkungan) atau CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety, and Environment Sustainability), wisatawan dapat merasa aman dan nyaman.

"Saya kebetulan setelah pelantikan langsung berbicara di Istana bersama Pak Menkes, kita harus berkolaborasi untuk pariwisata dan ekonomi kreatif untuk sisi kesehatannya," ungkap Sandi dalam keterangan resminya, Jumat (1/1/2021).

Pihaknya, kata Sandi, ingin melakukan protokol kesehatan yang sesuai dengan adaptasi yang ditetapkan oleh menteri kesehatan. "Jadi pertemuan kali ini sengaja kita buat sangat informal, tapi sudah melahirkan pemikiran bersama mengenai 17 sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di era pademik, yang kita harap bisa di esekusi minggu depan," tambahnya. 

Dalam diskusi tersebut, Sandi mengaku telah menyepakati sejumlah kebijakan bersama Budi Gunadi Sadikin. 

Sejumlah keputusan strategis itu untuk menjamin rasa aman dan nyaman, baik para wisatawan maupun para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. 

"Kami sudah membuat keputusan strategis," ungkap Sandi disambut antusias Budi Gunadi Sadikin.

Budi Gunadi memaparkan dia percaya jika setiap rakyat yang berperan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif bisa memiliki rasa aman, mereka pasti nyaman untuk melakukan kontak fisik, melakukan kegiatan ekonomi dan akan bekerja dengan sendirinya.

"Tugas kami adalah mendukung yang paling paham di industrinya, bagaimana membangun protokol kesehatan bersama yang spesifik, kita bangun mekanismenya, lalu kita tes, dan hasilnya diberikan kepada masyarkat yang bersangkutan," tambahnya.

Lewat sejumlah tahapan tersebut, Budi Gunadi Sadikin meyakini sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan kembali bangkit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Edi Suwiknyo
Editor : Edi Suwiknyo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper