Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pariwisata Malaysia, Pendapatan dari Langkawi Anjlok 80 Persen

Pendapatan sektor pariwisata Langkawi berjumlah RM1,7 miliar pada 2019. Tapi, hingga November 2020 pendapatan hanya bernilai RM900 juta.
Ilustrasi/naturallylangkawi.my
Ilustrasi/naturallylangkawi.my

Bisnis.com, KUALA LUMPUR - Pariwisata Malaysia seperti di negara lain mengalami dampak parah akibat pandemi Covid-19.

Pendapatan Malaysia dari sektor pariwisata di Pulau Langkawi, Negara Bagian Kedah, anjlok hingga 80 persen.

"Pendapatan sektor pelancongan pulau ini dilaporkan berjumlah RM1,7 miliar setahun pada 2019, manakala hingga November 2020 pendapatan pelancongan bernilai RM900 juta atau menurun sebanyak 80 persen," ujar Menteri Di Kantor Perdana Menteri (Tugas-Tugas Khusus) Malaysia, Datuk Seri Mohd Redzuan Yusof dalam pernyataannya, Rabu (30/12/2020).

Dia mengatakan penurunan pendapatan tersebut disebabkan penutupan perbatasan negara akibat pandemi Covid-19.

"Tujuh puluh persen penduduk Langkawi bergantung pendapatan mereka kepada sektor pelancongan yang terdiri dari perhotelan, pengangkutan, kedai eceran, makanan dan minuman, dan lain-lain seperti agen wisata dan pemandu wisata," katanya.

Pada kesempatan yang sama dia mengatakan Unit Peneraju Agenda Bumiputera (Teraju) telah memberikan RM62.36 juta untuk melaksanakan program Dana Pembangunan Usahawan Bumiputera (DPUB) di Kedah dan telah mendatangkan nilai investasi RM517.64 juta hingga Desember 2020.

Program ini telah disalurkan kepada rekan kolaborasi seperti lembaga-lembaga di Pemerintah Kedah dan lembaga pelaksana yang melibatkan 32 proyek dan telah menciptakan 1.793 peluang pekerjaan baru.

"Pada 2019, laporan Lembaga Pembangunan Langkawi atau Langkawi Development Authority (LADA) telah mencatat sebanyak 3.14 juta kedatangan wisatawan di Pulau Langkawi berbanding 1.6 juta pelancong hingga November 2020, turun 54 persen," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Editor : Saeno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper