Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Lima Peristiwa di Parlemen pada 2020 yang Jadi Perhatian Publik

Tahun 2020 memberikan tantangan yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya kepada berbagai pemangku kepentingan, termasuk parlemen di Tanah Air. Apa saja?
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Desember 2020  |  04:25 WIB
Sejumlah anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna 10 Masa Persidangan II Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2/2020). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari\n
Sejumlah anggota DPR mengikuti Rapat Paripurna 10 Masa Persidangan II Tahun 2019-2020 di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (6/2/2020). - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari\\n

Bisnis.com, JAKARTA - Tahun 2020 yang sebagian besarnya dilalui dengan menghadapi pandemi virus Corona atau Covid-19 sebentar lagi akan berlalu.

Dalam prosesnya, tahun ini memberikan tantangan yang berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya kepada berbagai pemangku kepentingan, termasuk parlemen di Tanah Air.

Dilansir Antara, Minggu (20/12/2020), sejumlah peristiwa yang terjadi di parlemen cukup mendapat perhatian publik pada tahun ini.

Salah satunya adalah pembahasan RUU Cipta Kerja di DPR. Pembahasan regulasi ini memantik penolakan dari berbagai kalangan dan juga menjadi pembicaraan utama di berbagai ruang sosial.

Pada tahun ini pula, DPR menyetujui Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 2/2020 tentang Perubahan Ketiga atas UU Nomor 1/2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti UU Nomor 1/2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menjadi UU.

RUU Perppu Pilkada Serentak 2020 merupakan payung hukum penyelenggaraan Pilkada Serentak 2020 dengan mengedepankan protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

Di samping itu, dampak pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Maret 2020, memberikan perubahan signifikan bagi kinerja parlemen dalam menjalankan tiga tugasnya yaitu pengawasan, anggaran, dan legislasi.

Alhasil, mekanisme rapat kerja dapat dilakukan secara virtual dan fisik. Bahkan Sidang Tahunan MPR 2020 menjadi bersejarah karena pertama kali dilakukan secara virtual dan fisik; kehadiran fisik sangat dibatasi untuk menghindari penyebaran Covid-19.

Pada masa pandemi, beberapa tugas legislasi, pengawasan, dan anggaran tetap dijalankan DPR meskipun ada beberapa penyesuaian untuk mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. 

Berikut adalah sejumlah peristiwa di Parlemen yang mendapat perhatian publik:


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

dpr mpr dpd

Sumber : Antara

Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top