Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Negara-negara Ini Gratiskan Vaksin untuk Warganya. Pak Jokowi, Kok Indonesia Gak Ada?

Negara-negara tertentu di seluruh dunia telah mengumumkan vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua warganya saat vaksin tersedia. Berikut daftarnya.
Jarum suntik. /Bloomberg
Jarum suntik. /Bloomberg

Bisnis.com, JAKARTA - Tak kurang dari 1,5 juta orang diseluruh dunia meninggal karena Covid-19. Berbagai negara kini merencanakan pemberian vaksin bagi warganya untuk memutus mata rantai penularan corona dan membuka perbatasan.

Inggris pada Rabu pekan lalu menjadi negara pertama yang menyetujui vaksin Pfizer-BioNTech Covid-19. Menurut World Health Organistaion (WHO), saat ini terdapat lebih dari 100 kandidat vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan, dan beberapa di antaranya masih dalam tahap uji coba pada manusia.

Dilansir livemint.com, Senin (14/12/2020), negara-negara tertentu di seluruh dunia telah mengumumkan vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua warganya saat vaksin tersedia. Berikut daftarnya.

1. Jepang

Jepang akan memberikan vaksin virus corona gratis kepada semua penduduknya berdasarkan undang-undang yang disahkan pada Rabu pekan lalu. RUU itu mengatakan bahwa pemerintah akan menanggung semua biaya vaksin untuk 126 juta penduduk Jepang, telah disetujui oleh majelis tinggi parlemen dan majelis rendah.

2. Prancis

Perdana Menteri Prancis Jean Castex mengatakan pada Kamis pekan lalu bahwa tinggal beberapa minggu lagi sebelum negara itu akan mulai meluncurkan vaksinasi Covid-19 dan gratis untuk semua warga. Castex juga mengatakan pada konferensi pers bahwa vaksinasi akan dilakukan dalam tiga tahap.

3. Amerika Serikat

Presiden Terpilih AS Joe Biden telah berjanji bahwa jika terpilih sebagai presiden dalam pemilihan 3 November, dia akan memastikan vaksinasi Covid-19 gratis untuk semua orang. Dia menguraikan rencana tanggapan pandemi hanya beberapa hari sebelum pemilihan presiden AS.

"Vaksin yang aman dan efektif, harus gratis untuk semua orang, baik Anda diasuransikan atau tidak, "kata Joe Biden pada Oktober.

4. Norwegia

Norwegia akan memberikan vaksin Covid-19 secara gratis kepada penduduknya jika sudah tersedia, kata pemerintah pada Oktober, dan ini akan menjadi bagian dari program vaksinasi nasional negara itu.

5. India

Pada 25 Oktober, pemerintah menyatakan bahwa seluruh rakyat negara itu akan diberikan vaksin Covid gratis.

Pemerintah Tamil Nadu, Madhya Pradesh, Assam dan Puduchchery telah mengumumkan vaksin Covid gratis untuk orang-orang di negara bagian mereka, sementara kepala menteri Delhi Arvind Kejriwal telah menuntut vaksin gratis untuk semua warga negara di seluruh negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Reni Lestari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper