Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menkes Jamin Rantai Pendingin untuk Penyimpanan Vaksin Covid-19 Sinovac Aman

Vaksin Covid-19 yang tiba pada Minggu, 6 Desember 2020, sebanyak 1,2 juta dosis merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama.
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto./Antara
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto./Antara

Bisnis.com, JAKARTA – Sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 dari Sinovac telah tiba di Jakarta, Minggu (6/12/2020).

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto memastikan rantai dingin untuk penyimpanan dan distribusi aman.

“Bio Farma telah memastikan kendaraan pendingin dalam kondisi baik sehingga monitoring suhu dalam perjalanan dari bandara sampai ke gudang vaksin dapat terjaga baik termasuk gudang vaksin yang telah disiapkan dengan kapasitas yang dapat menampung vaksin serta sesuai dengan standar prosedur operasional manajemen rantai dingin,” ujarnya pada konferensi pers, Senin (7/12/2020).

Terawan menjelaskan, vaksin Covid-19 yang tiba pada Minggu, 6 Desember 2020, sebanyak 1,2 juta dosis merupakan bagian dari pengadaan tahap pertama sebanyak 3 juta dosis jenis Sars CoV-2 yang diinaktivasi.

Proses selanjutnya, vaksin akan segera dilakukan persetujuan untuk penggunaan emergency use authorisation oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sesuai dengan saintifik dan ketentuan perundang-undangan.

Disamping itu, saat ini origin, packing list, dan lain-lainnya sebagai bagian dari pemeriksaan kualitas vaksin termasuk dokumen vaccine arrival report, pengisian dokumen vaccine arrival report, juga dilakukan dengan lengkap dan benar sesuai dengan hasil pemeriksaan fisik vaksin.

“Pemeriksaan fisik barang harus dilakukan dan teliti dan cermat, sehingga kita yakin bahwa status vaksin yang diterima dalam kondisi baik tidak ada kemasan atau isi yang rusak dan suhu selama perjalanan atau pengiriman sesuai dengan prosedur,” ujar Terawan.

Apabila ada barang yang rusak atau prosedur yang tidak sesuai, Terawn mengatakna akan segera diaporkan ke penyedia vaksin dengan melampirkan vaccine arrival report-nya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Mutiara Nabila
Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper