Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Vaksin Covid-19 Tiba, Menkominfo: Jadi Daya Dorong RI Bangkit dari Pandemi

Kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 menunjukkan langkah konkret pemerintah dalam mendorong percepatan penanggulangan pandemi.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 07 Desember 2020  |  10:11 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan sambutan jelang penandatanganan kerja sama dimulainya konstruksi Satelit Multifungsi Republik Indonesia (Satria) antara PT Satelit Nusantara Tiga (SNT) dengan perusahaan asal Perancis, Thales Alenia Space (TAS) di Jakarta, Kamis (3/9/2020). ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate menyampaikan sambutan jelang penandatanganan kerja sama dimulainya konstruksi Satelit Multifungsi Republik Indonesia (Satria) antara PT Satelit Nusantara Tiga (SNT) dengan perusahaan asal Perancis, Thales Alenia Space (TAS) di Jakarta, Kamis (3/9/2020). ANTARA FOTO - Aditya Pradana Putra

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate mengatakan kedatangan pertama vaksin Covid-19 dapat menjadi momentum awal yang perlu disambut dengan energi positif dan semangat optimistis.

Dia menuturkan, bahwa momentum kedatangan vaksin ini akan menjadi daya dorong bagi Indonesia Indonesia untuk melewati pandemi Covid-19.

“Kita semua yakin bahwa momentum ini dapat memberikan daya dorong bagi Bangsa Indonesia untuk melewati pandemi Covid-19 ini,” kata Johnny dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Lawan Covid-19 ID, Senin (7/12/2020).

Lebih lanjut, dia menyatakan kedatangan 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 menunjukkan langkah konkret pemerintah dalam mendorong percepatan penanggulangan pandemi agar sektor kesehatan pulih dan perekonomian bangkit.

“Pemerintah memastikan bahwa informasi terkait kedatangan vaksin dan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 terus disampaikan kepada masyarakat secara akurat, kredibel serta proaktif,” ujarnya.

Johnny menyampaikan bahwa Media Center Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) yang bekerjasama dengan forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Kementerian kominfo turut hadir sebagai salah satu platform yang memberikan informasi terkait penanganan Covid-19, vaksin, dan vaksinasi Covid-19, serta pemulihan ekonomi nasional.

Kendati vaksin telah datang, Menkominfo mengimbau kepada masyarakat untuk tidak lengah dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tahgan) sembari pemerintah melaksanakan 3T (tracing, testing, dan treatment).

Seperti diberitakan sebelumnya, sebanyak 1,2 juta dosis vaksin Covid-19 buatan Sinovac telah tiba di Indonesia pada Minggu (6/12/2020) sekitar pukul 21.00 WIB menggunakan pesawat Garuda.

Setibanya di Indonesia, vaksin tersebut langsung dibawa menuju Kantor Pusat Bio Farma di Kota Bandung, Jawa Barat. Dari warehouse di terminal cargo Bandara Internasional Soekarno-Hatta, vaksin yang disimpan dalam 7 Envirotainer diangkut menggunakan 3 truk.

Pada Senin (7/12/2020) dini hari, rangkaian kendaraan pengangkut vaksin mulai berjalan menuju Bio Farma. Rangkaian kendaraan ini turut dikawal secara ketat oleh aparat keamanan.

Setelah menempuh perjalanan darat selama kurang lebih 3 jam, rangkaian kendaraan pembawa vaksin tiba di Bio Farma sekitar pukul 03.45 WIB.

Vaksin kemudian dipindahkan dari Envirotainer untuk disimpan di cool room dengan suhu 2-8 derajat celcius. Ruangan tersebut telah disterilisasi dan disiapkan khusus untuk menyimpan vaksin Covid-19.

Vaksin kemudian akan dilakukan pengambilan sampel untuk pengujian mutu oleh tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan Bio Farma.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

menkominfo vaksinasi Covid-19 Sinovac Vaksin Covid-19
Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top