Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Tingkat Pemeriksaan Covid-19 Pekan ke-3 November Jadi Rekor Baru

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menjelaskan tingkat pemeriksaan virus Corona mencapai sekitar 239.000 atau 88,66 persen pada pekan ke-3 November 2020.
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 25 November 2020  |  02:20 WIB
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara
Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito. - Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melaporkan bahwa masih terus mengejar ketertinggalan dalam hal pencapaian tingkat pemeriksaan atau testing yang ditetapkan WHO.

Kendati begitu, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui bahwa pada pekan ketiga November 2020, Indonesia sudah mencapai tingkat pemeriksaan tertingginya selama masa pandemi virus Corona.

"Testing yang dilakukan sudah mencapai sekitar 239.000 atau 88,66 persen. Ini adalah angka tertinggi yang pernah kita capai. Kita harus terus menerus meningkatkan jumlah testing hingga tercapai target WHO," katanya dalam konferensi pers, dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (24/11/2020).

Wiku menjelaskan jumlah testing per wilayah disesuaikan dengan kepadatan populasinya. Berdasarkan jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 267 juta jiwa maka diperlukan pelaksanaan pemeriksaan Covid-19 sebesar 267.000 orang per minggu.

Indonesia, sambung dia, dihadapkan pada probem fluktuasi jumlah testing yang antara lain dipengaruhi oleh liburan, jumlah dan kapasitas laboratorium, SDM tenaga kesehatan, ketersediaan reagen dan juga kondisi geografis Indonesia.

"Hal-hal ini tentunya menjadi evaluasi bersama khususnya bagi pemerintah daerah. Tren jumlah testing juga sempat menurun di hari-hari tertentu khususnya saat hari libur," jelas dia.

Wiku memerinci sejak awal Juni 2020 hingga minggu ketiga Oktober 2020, sebenarnya terlihat adanya tren peningkatan pemeriksaan Covid-19. Namun, tren ini kemudian berbalik dengan tingkat pemeriksaan yang mengalami penurunan pada dua pekan setelahnya.

Tren itu lebih lanjut meningkat lagi hingga pekan ini. Menurutnya, pada pekan ini tingkat pemeriksaan Covid-19 hampir mencapai target WHO. Adapaun, pada pekan sebelumnya, tingka pemeriksaan nasional berada di angka 86,25.

"Testing terus ditingkatkan hingga minggu ketiga bulan November 2020 ini," jelas Wiku.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19
Editor : Oktaviano DB Hana

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top