Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Moeldoko: Sepeda Lipat dari Daniel Mananta untuk KSP Bukan Gratifikasi

Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko mengaku sudah mengkonsultasikan hal tersebut kepada Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).
Setyo Aji Harjanto
Setyo Aji Harjanto - Bisnis.com 28 Oktober 2020  |  19:21 WIB
Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko saat memimpin Rapat Koordinasi Rencana Produksi Ventilator Dalam Negeri di Situation Room Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/4/2020). - KSP
Kepala Staf Kepresidenan RI Moeldoko saat memimpin Rapat Koordinasi Rencana Produksi Ventilator Dalam Negeri di Situation Room Bina Graha, Jakarta, Rabu (15/4/2020). - KSP

Bisnis.com, JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Jenderal (Purn) TNI Moeldoko mengatakan bahwa sepeda lipat pemberian Daniel Mananta dan PT Roda Maju Bahagia bukan termasuk gratifikasi.

Hal itu lantaran sepeda tersebut diberikan bukan kepada orang per orang melainkan lembaga dalam hal ini Kantor Staf Presiden (KSP). Dia mengaku sudah mengkonsultasikan hal tersebut kepada Direktur Gratifikasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Menurut Moeldoko Direktur Gratifikasi KPK memastikan bahwa sepeda tersebut tidak termasuk dalam ranah gratifikasi.

"Saya sudah konsul dengan bapak Syarif Hidayat Direktur Gratifikasi KPK saya bertanya 'pak Syarif bagiaman sepeda ini urusannya jangan sampai salah'. Petunjuk dari beliau kalau itu (pemberian sepeda) ditujukan kepada lembaga itu tidak termasuk gratifikasi tapi kalau itu ditujiukan kepada Moeldoko itu masuk gratifikasi dan harus dilaporkan," kata Moeldoko dalam konferensi pers daring, Rabu (28/10/2020).

Kendati demikian, Moeldoko menegaskan bahwa pihak KSP bakal tetap melaporkan penerimaan sepeda tersebut ke KPK. Hal tersebut, kata dia, merupakan bentuk transparansi dari KSP.

"Kami juga tidak mau berbuat salah untuk itu semua yang kita lakukan transparan dan nanti tetep saja akan kami laporkan KPK bahwa kantor ksp menerima sekian kita akan rinci," kata Moeldoko.

Sebelumnya, Moeldoko menegaskan bahwa sepeda lipat pemberian presenter Daniel Mananta dan PT Roda Maju Bahagia bukan ditujukan untuk Presiden Joko Widodo.

Moeldoko menegaskan bahwa sepeda tersebut diberikan kepada lembaga dalam hal ini Kantor Staf Presiden. Dia juga menegaskan bahwa sepeda lipat pemberian Daniel Mananta dan PT Roda Maju juga bukan ditujukan kepada dirinya secara pribadi.

"Begini teman-teman bahwa mas daniel dengan hendra datang ke KSP menyerahkan sepeda sebanyak 15 unit kepada Kantor KSP sekali lagi saya tegaskan kepada kantor KSP sama sekali tidak ada ke Pak Jokowi," kata Moeldoko.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi KPK moeldoko gratifikasi daniel mananta
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top