Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Heboh Bunga Bangkai di Solo, Ternyata itu Suweg. Berbau Anyir Sore Hari

Teka-teki kemunculan tanaman di kebun SD Panularan 06 Kota Solo, Jawa Tengah, yang dikira bunga bangkai terjawab sudah. Ternyata itu bunga suweg.
Tanaman yang mengeluarkan bau mirip bunga bangkai di taman SD Panularan Solo ternyata jenis bunga suweg. Foto diambil Senin (26/10/2020)./Solopos.com-Ichsan Kholif Rahman
Tanaman yang mengeluarkan bau mirip bunga bangkai di taman SD Panularan Solo ternyata jenis bunga suweg. Foto diambil Senin (26/10/2020)./Solopos.com-Ichsan Kholif Rahman

Bisnis.com, SOLO - Teka-teki kemunculan tanaman di kebun SD Panularan 06 Kota Solo, Jawa Tengah, yang dikira bunga bangkai terjawab sudah.

Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta atau Solo memastikan bahwa tanaman itu bernama bunga Suweg, yang biasanya tumbuh subur di lingkungan perdesaan.

Namun, kemunculan tanaman mirip bunga bangkai di taman SDN Panularan itu terlanjur menghebohkan warga. Maklum, tanaman tersebut mengeluarkan bau tak sedap seperti bangkai di sore hari.

Tetapi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Solo Gatot Sutanto memastikan tanaman itu bukan Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai pada umumnya. Ia menduga tanaman itu termasuk keluarga amorphopallus atau bunga tanaman suweg.

Menurutnya tanaman itu termasuk dalam jenis talas-talasan. Dia pun tidak memungkiri, bunga itu mengeluarkan bau seperti bangkai, namun hanya di waktu tertentu saja.

“Dilihat ukurannya kecil bukan bungai bangkai. Kalau di desa-desa cukup banyak juga. Tapi kalau di Kota saya baru pertama kali menemukannya selama menjabat di DLH. Petugas kami akan segera mengecek ke lokasi untuk memastikan jenis bunga itu,” papar dia saat dihubungi Solopos.com, Senin (26/10/2020).

Ia menyebut tidak menutup kemungkinan ia akan berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan karena bunga bangkai itu berada di dalam sekolah. Hal itu dapat menjadi media pembelajaran serta bunga dapat terawat.

Sementara itu Kasi Pertamanan DLH Solo, Didik Suprihanto, yang mengecek langsung ke lokasi mengatakan bunga bangkai kerap ditemukan di perdesaan. Tetapi jarang ditemukan di Kota Solo.

“Memang sekilas berbau amis tapi hilang lalu beberapa saat tumbuh lagi. Ini dibiarkan saja bisa semakin bertumbuh. Dilihat dari ciri-ciri ukuran ini bunga suweg. Memang sekilas hampir mirip dengan bunga bangkai,” papar Didik.

Menurutnya, tanaman itu masuk dalam kategori talas-talasan sehingga siklus hidupnya berbeda dengan Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai. Ia menyebut talas-talasan itu tidak selalu terpengaruh pada cuaca saat ini.

“Kalau di desa cukup banyak, tapi di Solo khususnya sangat jarang,” papar dia.

Kronologi Penemuan

Diberitakan sebelumnya menurut anak penjaga SDN Panularan 06 Laweyan Solo, Suciati Zulaicha, 29, bunga bangkai itu muncul dalam dua pekan terkahir. Namun, semula bunga itu hanya kuncup kecil. Barulah pada Minggu (25/10/2020) sore bunga itu mekar.

“Sebelum mekar bunganya bau sekali, sudah dua hari terakhir bunganya bau sekali. Saya kira ada bangkai tikus atau apa. Ternyata, berasal dari bunganya, banyak lalat juga. Kami satu keluarga sampai mencari bersama asal bau itu,” papar Suci saat dijumpai Solopos.com Senin (26/10/2020).

Pedagang Pasar Hardjodaksino Dilarang Jualan di Solo Baru, Nekat Bakal Dikukut Satpol PP

Menurutnya, bau bunga yang menyengat seperti bangkai itu muncul setiap sore saja. Pada saat siang hari, bunga itu tidak berbau. Ia menjelaskan bunga itu terus membuatnya penasaran dengan terus mencari tahu jenis tanaman tersebut.

Suci mengatakan taman itu semula dibangun pada akhir tahun lalu. Pada saat membangun taman, salah seorang wali murid menanam pohon jenis suweg. Namun, pohon itu sudah mati beberapa bulan lalu.

“Waktu dicek dicangkul sudah tidak ada pohonnya. Tapi kok ini tumbuh lagi, kalau ini bunga suweg kok bau sekali. Banyak yang menyebut ini bunga suweg,” imbuh Suci.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Solopos.com
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper