Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Tren Positif Penanganan Covid-19, Satgas: Tetap Jalankan Protokol Kesehatan

Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Jumat (16/10/2020) menyatakan jumlah kasus aktif Covid-19 terus mengalami penurunan.
Mutiara Nabila
Mutiara Nabila - Bisnis.com 16 Oktober 2020  |  18:19 WIB
Ilustrasi - Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020).  - JIBI/Ujang Hasanudin
Ilustrasi - Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo mencoba tempat cuci tangan yang disediakan di kawasan Pantai Parangtritis, Sabtu (13/6/2020). - JIBI/Ujang Hasanudin

Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah indikator terkait perkembangan virus Corona atau Covid-19 di Indonesia menunjukkan tren positif. Kendati begitu, masyarakat diminta untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dengan taat.

"Kita tidak boleh lengah menjalankan protokol kesehatan,” kata Juru Bicara Satgas Covid-19 Wiku Adisasmito dalam konferensi pers, Jumat (16/10/2020).

Wiku menjelaskan penanganan Covid-19 selama tujuh bulan terakhir sudah berhasil dengan angka kasus aktif yang bisa ditekan dan kesembuhan yang terus meningkat.

“Angka kesembuhan sudah meningkat, kasus aktif sudah turun dan di bawah rata-rata dunia, kesembuhan juga, tapi kematian masih di atas rata-rata dunia, jadi ini adalah pekerjaan kita semua, Setelah 7 bulan ini rupayanya lumayan berhasil," ujarnya.

Secara umum kasus kumulatif Covid-19 di Indonesia memang tinggi. Tercatat pada Jumat (16/10/2020), kasus konfirmasi Covid-19 kumulatif mencapai 353.461 orang. Kemudian kasus sembuh 277.544 orang, dan kasus meninggal 12.347 orang.

Namun, Wiku menjelaskan bahwa jumlah kasus aktif dalam tren penurunan. Angka ini mesti ditekan dengan dukungan masyarakat agar tetap menjalankan protokol kesehatan.

“Makanya yang harus dilihat adalah dari kasus aktif, yaitu jumlah masyarakat yang sedang sakit. Ini angkanya semakin lama semakin turun, dan harus kita tekan,” jelasnya.

Adapun, target satgas adalah meskipun jumlah pengetesan banyak, baik angka kasus aktif dan juga kasus kematian tetap harus turun. Artinya, yang sakit harus sembuh.

“Angka kesembuhan makin naik dan angkanya cukup tinggi, melebihi rata-rata dunia di sekitar 76-77 persen. Ini masih naik turun karena kalau kita gagal menyembuhkan pasti turun. Tapi secara umum kecenderungannya kesembuhannya sudah lebih dari yang tertular baru,” ungkap Wiku.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitangandengansabun

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Virus Corona Covid-19 Adaptasi Kebiasaan Baru
Editor : Oktaviano DB Hana
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top