Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

FPI Klaim Habib Rizieq Segera Pulang ke Indonesia, Ini Jawaban Kemenlu

FPI mengklaim bahwa Kerajaan Arab Saudi telah mencabut pencekalan terhadap Rizieq Shihab sehingga bisa segera kembali ke Indonesia dalam waktu dekat ini.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 14 Oktober 2020  |  09:21 WIB
Habib Rizieq Shihab (tengah) tiba di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangka menghadiri pengajian di Masjid Agung Sunan Ampel dengan tema Merajut Ukhuwah Menegakkan Syariah Dalam Bingkai NKRI, Selasa (11/4). - Antara/Umarul Faruq
Habib Rizieq Shihab (tengah) tiba di Terminal 2 Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, dalam rangka menghadiri pengajian di Masjid Agung Sunan Ampel dengan tema Merajut Ukhuwah Menegakkan Syariah Dalam Bingkai NKRI, Selasa (11/4). - Antara/Umarul Faruq

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri buka suara soal pernyataan dari Front Pembela Islam (FPI) yang menyebut Rizieq Shihab akan segera kembali ke Tanah Air karena Kerajaan Arab Saudi sudah mencabut pencekalan terhadap Imam Besar FPI tersebut.

Kemenlu menyatakan tidak ada informasi mengenai Kerajaan Arab Saudi mencabut cekal terhadap Rizieq Shihab.

"Tidak ada informasi atas hal tersebut," kata Plt juru bicara Kementerian Luar Negeri, Teuku Faizasyah, kepada Tempo, Rabu (14/10/2020).

Faizasyah menyampaikan bahwa KBRI di Riyadh pun tidak mengetahui hal tersebut. Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh belum memberikan komentarnya atas kabar pencabutan pencekalan Rizieq.

Rizieq sebelumnya dikabarkan akan segera pulang ke Indonesia. Kabar ini muncul dari rilis yang dibuat oleh FPI. Disebutkan bahwa mereka mendapat informasi langsung dari Kota Mekkah, Arab Saudi, bahwa Habib Rizieq akan segera pulang.

"Bahwa setelah melalui proses perundingan panjang antara IB-HRS dan otoritas Saudi Arabia, tanpa bantuan rezim zalim Indonesia, akhirnya terdapat kejelasan dan titik terang mengenai kepulangan IB-HRS," tulis keterangan itu.

Rilis tersebut mengklaim, cekal terhadap Rizieq sudah dicabut. Selain itu, denda apapun yang ditanggung Rizieq telah dihapuskan. Mereka mengklaim hal ini karena Rizieq tidak bersalah.

Saat ini, disebutkan bahwa Rizieq masih menunggu proses administrasi bayan safan (exit permit) dan pembelian tiket, serta penjadwalan untuk kepulangan ke Indonesia.

Rilis tersebut dikeluarkan per tanggal 13 Oktober dan ditandatangani langsung oleh Ketua Umum FPI Shabri Lubis dan Sekretaris Umum FPI Munarman.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

arab saudi kemenlu fpi habib rizieq

Sumber : Tempo.Co

Editor : Fitri Sartina Dewi
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top