Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Robby Sumampow Berpulang Menjelang Hari Ulang Tahunnya

Robby, pengusaha kelahiran Solo, yang diketahui sakit dan dirawat di Singapura sejak tahun lalu, sejatinya bakal merayakan hari ulang tahunnya yang ke-76 pada 9 November 2020.
Gajah Kusumo
Gajah Kusumo - Bisnis.com 12 Oktober 2020  |  13:14 WIB
Robby Sumampow
Robby Sumampow

Bisnis.com, JAKARTA — Robby Sumampow, pengusaha lintas zaman sejak era Orde Baru hingga kini, berpulang di Singapura pada Minggu (11/10/2020) menjelang usianya yang ke-76 tahun.

Robby, pengusaha kelahiran Solo, yang diketahui sakit dan dirawat di Singapura sejak tahun lalu, sejatinya bakal merayakan hari ulang tahunnya yang ke-76 pada 9 November 2020.

Hingga hari ini, namanya masih tertera sebagai pemegang 23,92 persen atau 107.639.728 saham PT Indo Kordsa Tbk. (BRAM), emiten yang didirikannya dengan nama PT Branta Mulia Tbk.

Tokoh masyarakat Solo, Sumartono Hadinoto, saat dihubungi solopos.com mengonfirmasi meninggalnya Robby di Singapura pada Minggu (11/10/2020) malam.

“Iya betul, tadi malam aku jam 23.00 WIB lebih dapat berita dari teman, terus jam 01.00 WIB dari keponakannya. Pagi ini aku koordinasi dengan keponakannya, kelihatannya jadi dibawa ke Solo. Baru ngecek Tiong Ting Solo,” ujarnya.

Sebagai taipan properti, gurita bisnis Robby Sumampow bertebaran dari Solo, Jakarta hingga bisnis resor dan kasino di Pulau Christmas, Australia. Di Jakarta, Robby adalah pemilik International Hailai Executive Club di Ancol.

Berkawan erat dengan legenda konglomerasi Orde Baru berjuluk Gang of Four, Robby juga menjadi karib dari Jenderal Leonardus Benyamin Moerdani.

Adapun, di kota kelahirannya di Solo, Robby Sumampow, yang lahir pada 9 November 1944, setidaknya memiliki 3 hotel, yaitu Hotel Adhiwangsa, Solia Hotel Laweyan di sebelah barat Ndalem Tjokrosumartan, dan  Solia Hotel Yosodipuro di sebelah barat Pura Mangkunegaran, yang mengusung konsep heritage modern.

Robby Sumampow juga pernah menjadi komisaris PT Citra Marga Nushapala Persada Tbk. hingga 2008. Setelah sempat tenggelam, nama Robby Sumampow kembali berkibar saat dia disebut-sebut membeli saham Hary Tanoesoedibjo di emiten bersandi saham CMNP, yang menandai akhir kongsi bisnis Hary Tanoe dengan Siti Hardiyanti, putri Presiden RI ke dua.

Pada 2017, namanya kembali muncul, saat Robby Sumampow meminjamsewakan lahan di Tenabang, seluas 6.000 meter persegi kepada Pemprov DKI Jakarta, bagi para pedagang di Pasar Tanah Abang.

Di Solo, Robby Sumampow kerap mengundang perhatian publik, diantaranya saat dia menjadi mualaf pada 2013, pencabutan Hak Guna Bangunan Benteng Vastenburg hingga sengketa akta Yayasan Bakti Sosial Surakarta pada 2011.

Berdasarkan pemantauan terakhir, seperti dikutip solopos.com, pengelola rumah duka Thiong Ting sudah menyiapkan dua ruang VIP untuk jenazah Robby Sumampow di rumah duka Thiong Ting, Kelurahan Jebres, Kecamatan Jebres, Solo, Senin (12/10/2020).

Meski demikian, belum ada keluarga yang datang ke Thiong Ting hingga Senin siang.

Kasi Thiong Ting, Tomy Hermawan, menjelaskan pengelola telah menyiapkan dua ruangan untuk jenazah, masing-masing ruang VIP E dan ruang VIP F. Setiap ruangan memiliki kapasitas maksimal 200 orang saat normal dan pengurangan kapasitas 50 persen saat pandemi Covid-19.

"Keluarga belum ada yang datang ke sini. Kami menyiapkan ruang sewaktu-waktu bisa dipakai" katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

saham pengusaha orde baru konglomerasi indo kordsa TAIPAN Robby Sumampow
Editor : Gajah Kusumo
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top