Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Luhut Tangani Covid-19, di Mana Menkes? Ini Kata Mahfud MD

Menteri Kesehatan tetap memiliki posisi sentral [dalam penanganan Covid]. Mahfud menjelaskan apa yang dimaksud sentral terkait peran Menkes Terawan.
Aprianus Doni Tolok
Aprianus Doni Tolok - Bisnis.com 24 September 2020  |  21:53 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. - Bisnis/Triawanda Tirta Aditya

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menilai penunjukkan atau penugasan seseorang dalam penanganan Covid-19 oleh Presiden Joko Widodo sudah proporsional.

"Tapi pada kasus-kasus tertentu ditunjuk Pak Luhut. Misalnya khusus untuk menurunkan angka infeksi atau penyebaran Covid di sembilan provinsi yang menjadi perhatian, khusus ditugaskan ke Pak Luhut dan Pak Doni [Ketua Satgas Penanganan Covid-19]. Ad Hoc saja," ujar Mahfud dalam acara talkshow Rosi Spesial yang ditayangkan langsung KompasTV, Kamis (24/9/2020).

Terkait penanganan Covid-19, Mahfud menyebutkan bahwa menteri atau pejabat pemerintah lainnya juga mendapat penugasan lain dari Kepala Negara seperti keamanan dan ketertiban di tengah pandemi dtugaskan kepada dirinya.

Kemudian, urusan luar negeri atau WNI di luar negeri menjadi tanggung jawab Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Masalah keuangan diserahkan kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani, serta penugasan-penugasan lain terkait penanganan Covid-19.

"Tetapi Menteri Kesehatan tetap memiliki posisi sentral di situ [dalam penanganan Covid]. Sentral dalam arti ada dalam tim inti komite," kata Menko Mahfud.

Menurutnya, penunjukkan atau penugasan yang bersifat ad hoc atau hanya untuk tujuan tertentu bisa saja terjadi sebagai respons Pemerintah atas kondisi terkini pandemi di Indonesia.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi mahfud md dokter terawan Luhut Pandjaitan
Editor : Saeno
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top